Kamis, 04 Apr 2019 11:49 WIB

Detik-detik Lorenzo Salah Pencet Tombol Jadi Melempem saat Start

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jorge Lorenzo. Foto: Juan Mabromata / AFP Jorge Lorenzo. Foto: Juan Mabromata / AFP
Jakarta - Jorge Lorenzo belum bersinar setelah melakoni dua balapan di atas Honda RC213V. Terakhir di Argentina, Lorenzo memulai balapan dari posisi 12 dan finis di posisi yang sama.

Ternyata, pebalap yang baru berhijrah dari Ducati itu melakukan kesalahan saat start. Bukannya pakai pengaturan launch control, Lorenzo malah memencet tombol pit limiter.

Seperti diketahui, ada beberapa tombol elektronik di motor MotoGP. Launch control digunakan untuk start sehingga motor bisa meluncur dengan mulus, sementara pit limiter digunakan untuk memasuki pit lane yang kecepatannya dibatasi maksimal 60 km/jam.



Lorenzo yang memencet pit limiter jadi kedodoran saat start di GP Argentina akhir pekan lalu. Dalam video yang dirilis MotoGP, Lorenzo yang start dari posisi 12 melorot sampai buntut. Bahkan karena salah pencet tombol itu, Lorenzi hampir ditabrak oleh pebalap yang start di belakangnya.

Lorenzo mengakui secara tak sengaja menekan tombol pit limiter yang membuat RPM motor malah turun. Keluhan Lorenzo belum usai, ia juga mengatakan kehilangan karet setang motor sebelah kiri.

"Di Qatar bermasalah dengan transmisi dan di sini pit limiter," jelasnya dikutip Crash, Rabu (3/4/2019).



"Saat saya mulai bisa memperbaiki posisi, saya malah kehilangan karet di setang sebelah kiri. Saya mengendarai motor tanpa pelapis karet di tangan kiri. Semuanya buruk, saat itu merupakan situasi yang sulit," sambung Lorenzo.

Tak habis sampai di situ, Lorenzo pun mengeluhkan gaya balap agresif saat di tikungan nomor tujuh dengan Karel Abraham. Lorenzo menilai, Karel dapat membahayakan dirinya dan membuatnya celaka.

"Kami bersaing untuk posisi 20. Ia menyalip laiknya perebutan podium di lap terakhir. Sangat agresif dan saya hampir celaka. Saya pergi ke Race Direction dan berbicara kepada mereka, saya pikir ini tak logis," sebut Lorenzo.

[Gambas:Instagram]



Tonton juga video Inilah Duet Marquez-Lorenzo dan Repsol Honda untuk MotoGP 2019:

[Gambas:Video 20detik]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed