Jumat, 15 Mar 2019 12:54 WIB

Balapan Motor Listrik Terancam Ditunda

Ridwan Arifin - detikOto
Balapan motor listrik MotoE. Foto: Instagram @motogp Balapan motor listrik MotoE. Foto: Instagram @motogp
Jerez - Kejuaraan balapan motor listrik, MotoE, yang rencananya bakal dihelat pada awal Mei 2019 dirasa bakal mundur. Sebabnya, telah terjadi kebakaran hebat paddock Moto-E di Jerez, Spanyol, di mana sepeda disimpan untuk pengujian pra-musim.

Belum diketahui penyebab kebakaran yang menghanguskan semua kendaraan motor balap listrik. Tetapi untungnya api itu tidak melukai siapa pun.

"Kebakaran di paddock (Moto) E yang baru dibangun telah menghancurkan sebagian besar materi untuk FIM Enel MotoE World Cup," demikian bunyi pernyataan resmi dari penyelenggara acara MotoE.



"Penyebab kebakaran saat ini sedang diselidiki. Untungnya, tidak ada cedera. Pembaruan akan mengikuti dalam beberapa jam mendatang mengenai penyebab pasti kebakaran dan setiap perubahan selanjutnya pada kalender," tambahnya.

Meski 18 motor listrik berubah menjadi abu, MotoGP dan Energica selaku produsen sepeda motor berencana untuk terus maju dengan seri selanjutnya, meskipun balapan Mei di Jerez telah dibatalkan.



Perlombaan kedua awalnya dijadwalkan pada 19 Mei di Le Mans, tetapi kalender yang direvisi akan diumumkan segera.

Untuk diketahui, sepeda motor yang akan digunakan di MotoE disebut Ego Corsa dan akan dipasok secara eksklusif untuk seri balapan itu oleh perusahaan Italia. Motor listrik menggunakan baterai lithium-ion tegangan tinggi sekitar 20 kWh dan motor listrik berpendingin oli yang mengembangkan 147 tenaga kuda dan torsi 200 Nm.

Seri perdana MotoE terdiri dari 18 pebalap yang akan berpacu satu sama lain dengan kecepatan hingga 270 km/jam. (rgr/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed