Minggu, 03 Jun 2018 20:49 WIB

Adaptasi Gaya Balap Bikin Rossi Bisa Terus Balapan Hingga 39 Tahun

Dina Rayanti - detikOto
Valentino Rossi. Foto: REUTERS/Alessandro Bianchi Valentino Rossi. Foto: REUTERS/Alessandro Bianchi
Jakarta - Valentino Rossi merupakan salah satu pebalap yang masih membalap hingga saat ini. Padahal pebalap dengan usia seangkatan Rossi rata-rata sudah memutuskan pensiun dari MotoGP.

Membalap di kelas utama MotoGP sejak tahun 2002 Rossi tentunya sempat memiliki beberapa rival. Mulai dari Max Biaggi, Carlos Checa, hingga Sete Gibernau.

Tahun berganti tahun, rival Rossi pun berganti seiring dengan era regenerasi pebalap dan rival Rossi yang mulai memutuskan pensiun.


Rossi sendiri disebut memiliki gaya membalap yang cukup nekat dan justru diikuti oleh pebalap lain. Namun semakin ke sini, gaya balap juga terus berevolusi.

Rossi kemudian harus berhadapan dengan pebalap lebih muda dengan gaya balapnya tersendiri seperti Casey Stoner, Jorge Lorenzo, hingga Marc Marquez.

Bahkan Rossi disebut sempat mengganti gaya balapnya milik Marquez agar bisa bersaing dengan para pebalap di depannya.


"Kalau Anda ingin bertahan sebagai pebalap papan atas Anda harus melihat apa yang dilakukan pebalap tercepat. Saya harus memiringkan badan keluar dari motor agar bisa bermanuver lebih baik saat di tikungan. Saya melihat dan berusaha untuk mengikuti posisi saya di atas motor," kata Rossi beberapa tahun silam dikutip Cycle World, Minggu (3/6/2018).

"Mirip seperti Marquez tapi tidak sepenuhnya sama karena kaki saya terlalu panjang untuk mengikuti gaya balap Marquez," pungkasnya. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed