Rabu, 21 Feb 2018 16:04 WIB

Topspeed MotoGP Bakal Tembus 360 Km/Jam

M Luthfi Andika - detikOto
Andrea Iannone (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images) Andrea Iannone (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Drama adu balap MotoGP suka bikin dug-dug ser penontonnya. Kecepatan tertinggi yang pernah dicapai oleh motor MotoGP saat ini rekornya mencapai 354,9 km per jam.

Rekor itu dipecahkan oleh pebalap Ducati Andrea Iannone pada tahun 2016 di Mugello, Italia. Seperti dilansir Crash, kecepatan motor prototipe itu kemungkinan besar bakal semakin ngebut saja, kalau tidak dibantu mata kamera, mata kita pun bakal kian sulit menangkap gambar pebalap yang tengah ngegeber habis motornya.

Jika mengikuti statistik yang ada, kecepatan motor MotoGP setiap tahunnya terus bertambah semenjak 2012 dengan kenaikan kecepatan rata-rata 10 km per jam selama 4-5 tahun. Kenaikan kecepatan terjadi karena perubahan aturan teknis. Jika saat masih menggunakan mesin 500 cc motor terpaku di kecepatan maksimal 320 km per jam, maka dengan mesin 990 cc di 3 musim berikutnya, kecepatan bertambah menjadi 343 km per jam.

Di sirkuit Mugello tadi, kecepatan motor lebih cepat 35 km per jam jika dibandingkan dengan motor MotoGP terdahulu yang masih menggunakan mesin 500 cc. Dan jika coba dijabarkan, kecepatan motor MotoGP pada 2020 diprediksi akan mampu menembus 360 km/jam.

Beberapa kalangan mungkin mengkhawatirkan soal kecepatan motor yang kian tinggi itu, namun menurut MotoGP Director of Technology Corrado Cecchinelli, hal itu tak perlu terlalu dipusingkan.

"Kecepatan memang menjadi perhatian kami. Tapi jangan terlalu emosional, karena meski angka kecepatan ini sangat besar dan itu menakutkan, tapi sangat jarang Anda mengalami kecelakaan dengan kecepatan tinggi," kata Corrado di Crash.

Wah bagaimana rasanya mengendarai motor di kecepatan 360 km/jam ya?

(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed