Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 06 Oktober 2017, 15:08 WIB

Ini Rahasia Rossi Bisa Ngerem Sempurna Meski Kaki Kanan Patah

M Luthfi Andika - detikOto
Ini Rahasia Rossi Bisa Ngerem Sempurna Meski Kaki Kanan Patah Foto: Dan Istitene/Getty Images
Jakarta - Kalau kaki kita patah dan meski sudah agak sembuh, pasti kita menjauh dulu dari motor. Valentino Rossi membuktikan meski kaki kanannya masih sakit dia masih bisa membalap dengan baik.

Di balapan MotoGP Aragon beberapa waktu lalu, sosok yang selalu fenomenal ini membuktikan bahwa dirinya merupakan salah satu pebalap terbaik. Karena bayangkan saja, Rossi memulai balapan dengan kondisi kaki kanan yang patah.

Namun meski demikian tentunya ada rahasia apa yang membuat Rossi masih lihai mengendarai MotoGP meski sulit ngerem dengan kaki kanan yang patah.

Seperti dikutip MotoGP, Jumat (6/10/2017) agar bisa mengerem sempurna meski kaki kanan patah, Rossi menggunakan tombol rem khusus yakni rem jempol.

Rem jempol ini letaknya persis di handle di bawah kopling. Anda tinggal memijit-mijit saja tombolnya dengan jempol untuk menarik rem. Rem jempol dari Brembo ini merupakan ramuan mujarab bagi pebalap yang kakinya belum fit 100 persen.

Dengan menggunakan rem jempol, pebalap tak perlu menginjak pedal rem di kaki kanan.

Sebagai catatan, rem jempol ini sudah ada sejak 25 tahun yang lalu karena Mick Doohan sudah menggunakannya saat di GP Belanda 1992. Saat itu dokter mengoperasi kaki kanan Doohan namun ada komplikasi pada malam hari yang membuatnya berisiko mengalami amputasi, namun Doohan memilih untuk pergi ke Italia dan memberikan solusi dan bisa tetap balap.

Pendiri Klinik Mobile berhasil menyelamatkan kaki Doohan, namun tidak pernah mendapatkan kembali kekuatan yang dimilikinya. Doohan sudah tidak lagi bisa mengoperasikan rem belakang dengan pedal rem biasa.

Dia membutuhkan kontrol pada setang yang bisa melakukan fungsi yang sama ini, dan dari sinilah lahir rem jempol. Jadi rem jempol bukan barang yang baru di MotoGP. Terutama rider yang badannya tinggi. Rem jempol memudahkan mereka membelok di tikungan ke kanan karena kaki tak perlu berisiko kena aspal.

Rem jempol ini juga telah digunakan oleh Maverick ViƱales di Movistar Yamaha dan oleh Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo dan Danilo Petrucci bersama Ducati. Cara ini dipilih untuk memperlambat motornya dalam menyalip dan menyeimbangkan motor saat melaju agar tidak meluncur di tikungan. (ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed