Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 29 Agustus 2017, 14:40 WIB

Di Masa Depan Safety Car Formula 1 Bisa Pakai Mobil Otonom

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Di Masa Depan Safety Car Formula 1 Bisa Pakai Mobil Otonom Foto: Mark Thompson/Getty Images
Jakarta - Teknologi kendaraan masa depan bakal semakin canggih. Saat ini, beberapa perusahaan besar tengah mengembangkan mobil otonom.

Teknologi kendaraan otonom tak dimungkiri bisa menghiasi ajang balapan Formula 1. Tapi bukan sebagai mobil balapnya, melainkan sebagai safety car.

Marcin Budkowski, Kepala Departemen Teknikal Formula 1, menuturkan safety car tanpa sopir akan membantu mempromosikan teknologi otonom.

"Kami telah berbicara tentang sebuah safety car tak berawak. Ini akan mempromosikan sebuah teknologi yang sedikit skeptisisme dan sebalinya hal itu dapat ditunjukkan bahwa teknologi itu berhasil," kata Budkowski dalam sebuah wawancara dengan Motorsport.com.

Tapi, Budkowski menutup kemungkinan balap Formula 1 akan digantikan dengan teknologi mobil otonom seperti Roborace. Sebab, jika mobil balap digantikan dengan mobil otonom maka akan merusak tontonan Formula 1.

"Pengemudi pada safety car otonom tak lagi dibutuhkan, karena komputer yang akan mengontrolnya. Tapi kita harus sadar akan daya tarik mobil balap tanpa sopir: para insinyur mungkin menyukainya, tapi bukan penggemarnya," jelasnya.

"Saya melihatnya (Roborace) sebagai hal yang sangat menarik, yang mendorong sesuatu ke satu arah. Tapi bisakah ide tidak memiliki pebalap ini diterapkan di F1 yang memikat jutaan orang di seluruh dunia? Terus terang saya ragu," katanya. (rgr/lth)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed