Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 30 Oktober 2016, 16:00 WIB

Laporan dari Malaysia

Sepang, Surganya Pecinta MotoGP Indonesia

Dina Rayanti - detikOto
Sepang, Surganya Pecinta MotoGP Indonesia Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Sepang - Ribuan penggemar MotoGP asal Indonesia menyemut sedari pagi di destinasi wisata seperti Petronas Twin Towers, ke tempat pembuatan coklat di pusat kota, hingga tujuan utama di Sirkuit Sepang. Padahal balapan sendiri baru dimulai jam 15.00 waktu setempat.

Hal tersebut terlihat dari banyaknya rombongan yang membawa spanduk dari Indonesia dan berfoto-foto di beberapa destinasi wisata tersebut dengan mengenakan atribut pembalap favoritnya seperti kaos berlogo 46, 93, 99, 26, dan yang lainnya.

Bahkan kabarnya MotoGP Sepang tahun ini 70 persen tiketnya ludes terjual oleh orang Indonesia. Memang Sepang merupakan sirkuit yang terdekat dari Indonesia, hanya butuh beberapa jam saja untuk mencapai ke sana.

Sirkuit Sepang dibangun tahun 1998 dan langsung dipakai untuk menggelar MotoGP serta F1 setahun setelahnya. Memiliki panjang 5,543 km, sirkuit kebanggaan publik Malaysia itu punya bagian lintasan terlebar seluas 25 meter.

Memiliki lintasan yang berputar searah jarum jam, Sepang terdiri dari lima tikungan ke kiri dan 10 tikungan ke kanan. Lintasan lurus terpanjang di Sepang adalah sejauh 920 meter. Untuk ajang MotoGP, total jarak tempuh yang harus dilalui masing-masing rider adalah 111 km atau total 20 lap.

Dari trek balapan, setelah start sempat ditunda karena cuaca, Andrea Dovizioso memenangi balapan. Di urutan kedua ada Valentino Rossi. Dengan hasil ini Valentino Rossi berada di posisi runner up untuk musim ini.

Seperti dikutip dari detikSport, balapan di Sirkuit Sepang, Minggu (30/10/2016) siang WIB, berlangsung dalam kondisi lintasan yang basah. Di lap pertama terjadi beberapa kali pergantian pemimpin balapan dari mulai Jorge Lorenzo, Marc Marquez, Valentino Rossi, dan Andrea Iannone.

Pertarungan lantas menyisakan Rossi dan Iannone sampai kemudian nama kedua terjatuh. Rossi gagal memaksimalkan keuntungan itu karena dia justru disalip Dovizioso yang berhasil mendapat kemenangan pertamanya musim ini.

Untuk pertama kalinya MotoGP memunculkan sembilan pemenang berbeda. Marquez yang finis di luar 10 besar karena terjatuh masih memimpin klasemen dengan 275 poin. Rossi dengan 236 poin berhasil mendapat gelar runner-up musim ini, karena selisih 28 poin tak mungkin dikejar Lorenzo (208 poin) pada seri terakhir di Valencia dua pekan mendatang.

Dovizioso sendiri naik ke posisi kelima klasemen dengan 162 poin, menggeser Dani Pedrosa dan Cal Crutchlow.

(dry/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed