ADVERTISEMENT
Senin, 31 Agu 2015 13:54 WIB

Baru Pertama Berlaga, Pebalap Honda Indonesia Ukir Prestasi di ARRC

Arif Arianto - detikOto
dok.PT AHM dok.PT AHM
Buriram - Meski baru pertama kali berlaga di ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) kelas supersport 600 cc, pebalap binaan PT Astra Honda Motor ( AHM) Andi Farid Izdihar, mampu tampil gemilang. Dia mampu menggapai garis finish di urutan kelima di sirkuit Chang international, Thailand.

Siaran pers PT AHM yang diterima detikOto, Senin (31/8/2015) menyebut Andi Farid Izdihar atau yang kerap disapa Andi Gilang, mengawali balapan ARRC Buriram kelas supersports 600cc seri keempat ini dengan start di posisi ke–15 berdasarkan hasil kualifikasi.

Pada race pertama, Andi berhasil mencatatkan diri pada posisi 11 dengan catatan waktu 1: 40.735. Pada race selanjutnya, dengan menunggangi Honda CBR600RR, pebalap berusia 18 tahun ini mampu memposisikan dirinya di urutan kelima dengan waktu 1:40.671.

“Andi Farid Izdihar merupakan pebalap muda kami yang konsisten menunjukkan peningkatan kompetensi di berbagai ajang balap internasional. Hal ini dibuktikannya lagi pada ajang ARRC di Thailand,” tutur General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, A. Indraputra.

Menurutnya, sebagai pebalap yang baru pertama kali bertarung di ajang ARRC kelas supersports 600cc, raihan posisi ke-5 adalah prestasi yang sangat bagus. “Kami yakin dengan semangat Satu Hati, Andi Farid Izdihar dapat terus memberikan prestasi membanggakan yang sebelumnya pernah diraih M. Fadli dalam ajang balap ini,” ucapnya.

Sebelum memutuskan menurunkan pebalap berbakat itu, AHM berupaya menempa kompetensi balap Andi Farid Izdihar di berbagai ajang balap nasional hingga internasional seperti Suzuka 4 Hours Endurance Race dan Asia Talent Cup. Semua ajang balap tersebut dapat ditaklukkan dengan sukses oleh pebalap muda tersebut.

Dimas Ekky Pratama yang juga bertarung di ARRC kelas supersports 600cc memulai balapan pada posisi ke-13. Pada race pertama, Dimas mampu mengakhiri balapan pada posisi ke – 9 melalui catatan waktu 1:40.678 dan pada race kedua Dimas mengakhiri balapan sebanyak 16 putaran ini dengan waktu 1:41.075 dan menempati posisi ke-11.

Selain menurunkan dua pebalap di kelas supersports 600cc, AHM juga menurunkan dua pebalap binaan pada kelas Asia Dream Cup (ADC) yaitu Yogha Dio Syachputra dan Muhamad Febriansyah. Dua pebalap hasil godokan Honda Racing School itu juga mampu unjuk keunggulan diantara pebalap negara lain dan mencetak catatan waktu yang terus membaik.

Yogha berjasil mencatatkan waktu 2:06.870. Pada race pertama dia mampu menyuguhkan persaingan sengit di balapan 8 putaran ini dan akhirnya mampu mengakhiri balapan di posisi ke 5 dengan catatan waktu 2:05.648.

Sementara itu Muhamad Febriansyah (Ferry) yang mengawali posisi start di urutan ke-7 dengan raihan waktu kualifikasi 2:07.305 berhasil mencetak catatan waktu 2:05.490 dan finish di posisi ke-7.

Memasuki race kedua, Yogha dan Ferry berusaha lebih keras lagi untuk mendapatkan posisi yang lebih baik. Ferry bahkan sempat mencuri perhatian dengan langsung melesat di rombongan terdepan. Namun sayang saat balapan tersisa dua lap terakhir, Ferry terjatuh dan tidak bisa meneruskan balapan.

Sementara itu, Yoga Dio Syachputra yang mengawali start di posisi ke–6 terus menjaga performa terbaiknya. Meski sempat tertinggal, dia dapat melesat dan mengakhiri balapan di posisi keempat dengan catatan waktu 2:06.175

(arf/arf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com