Senin, 12 Mei 2014 09:50 WIB

Mercedes Lanjutkan Dominasi di Formula 1

- detikOto
Getty Images/Clive Mason
Montmelo - Untuk kali keempat beruntun, Mercedes menuntaskan balapan di posisi satu dan dua. Kemenangan teranyar di GP Spanyol sekaligus membuat Mercedes masih berhasil memenangi seluruh lima balapan di awal musim ini.

Lewis Hamilton tampil sebagai pemenang di GP Spanyol, Minggu (11/5/2014) malam WIB, sedangkan Nico Rosberg finis di posisi dua. Ini membuat kedua pebalap Mercedes tersebut sukses mempertahankan posisi yang mereka tempati sedari start.

Hasil tersebut sekaligus membuat Hamilton mencatatkan kemenangan keempat beruntunnya, di mana dalam seluruh empat balapan tersebut Rosberg finis di posisi dua--membuat Mercedes finis satu-dua.

Dengan satu balapan lain, GP Australia, sukses dimenangi oleh Rosberg maka jadilah lima balapan awal musim ini disapu bersih oleh Mercedes.

Tampil di tangga ketiga podium GP Spanyol adalah pebalap Red Bull Daniel Ricciardo yang terpaut sampai lebih dari 40 detik dari Hamilton. Sementara juara bertahan Sebastian Vettel finis di posisi empat setelah start dari posisi 15 akibat adanya penalti turun lima posisi terkait girboks.

Jalannya Balapan

Lewis Hamilton dan Nico Rosberg start dengan baik untuk mempertahankan posisinya masing-masing. Di belakang mereka ada Valtteri Bottas yang berhasil menyalip Daniel Ricciardo untuk mengambil alih posisi tiga.

Di akhir lap pertama, keempat pebalap terdepan itu untuk sementara dikuntit oleh Romain Grosjean, Kimi Raikkonen, Fernando Alonso, Felipe Massa, Nico Huelkenberg, dan Sergio Perez, secara berurutan untuk menggenapi 10 besar.

Sampai dengan lap lima, Hamilton dan Rosberg sudah tancap gas menjauhi para pebalap lain. Sementara itu Ricciardo terus-terusan menempel ketat Bottas dalam perebutan posisi tiga.

Memasuki lap 10, juara bertahan Sebastian Vettel yang start di posisi 15 meng-overtake Esteban Gutierrez untuk kini menempati peringkat 13. Di posisi terdepan, Hamilton kini sudah unggul 2,3 detik dari Rosberg di posisi dua dan 15,2 detik dari Bottas yang berada di peringkat tiga.

Dua pebalap Ferrari, Kimi Raikkonen dan Fernando Alonso, dan satu mantan pebalap Ferrari, Felipe Massa, mulai terlibat persaingan cukup ketat memperebutkan posisi enam saat balapan memasuki lap ke-11. Di belakang, Vettel tampak mengancam Button dan catatan waku keduanya terpaut kurang dari sedetik.

Memasuki lap 13 Vettel menyambangi pit untuk mengganti ban. Ia masuk ke lintasan lagi dengan berada di posisi 21. Di lap 15, giliran Ricciardo yang masuk pit untuk mengganti ban. Ia bergabung lagi ke balapan dengan berada di posisi 12.

Di lap 18, Alonso masuk pit disusul Raikkonen. Keduanya meninggalkan pit nyaris berbarengan, meski Raikkonen lebih unggul. Sementara itu masuknya Hamiton ke pit membuat balapan untuk sementara dipimpin oleh Rosberg.

Memasuki lap 20 lima posisi terdepan dalam balapan saat ini diisi secara berurutan oleh Rosberg, Hamilton, Bottas, Ricciardo, dan Grosjean. Susunan itu berubah tak lama berselang setelah Rosberg masuk pit, membuat Hamilton kembali memimpin di posisi terdepan.

Lap 25 Raikkonen melewati Grosjean untuk menempati posisi lima. Setelah itu giliran Alonso melewati Grosjean. Di posisi tujuh, Grosjean kemudian diancam oleh Massa dan Vettel.

Sampai dengan lap 33 dari total 66 lap, Hamilton masih memimpin atas Rosberg di posisi terdepan. Ricciardo, Bottas, Raikkonen, Alonso, Grosjean, Vettel, dan Huelkenberg lalu menggenapi 10 pebalap terdepan sejauh ini. Ada selisih sekitar 30 detik antara Hamilton dengan Ricciardo.

Rosberg berusaha menyalip Hamilton di lap ke-41. Namun, usaha Rosberg belum membuahkan hasil karena Hamilton dengan baik berhasil mempertahankan posisinya. Di lap 44 Rosberg akhirnya memimpin balapan, tetapi cuma karena Hamilton masuk pit.

Sampai dengan lap 50 Hamilton memimpin dengan keunggulan 3,6 detik atas Rosberg yang berada di posisi dua. Di posisi tiga ada Ricciardo yang terpaut sampai 40 detik dari Hamilton. Alonso, Vettel, Bottas, Raikkonen, Grosjean, Huelkenberg, dan Perez menggenapi posisi 10 besar.

Vettel menempati posisi lima setelah mengasapi Raikkonen di lap 57. Dalam sebuah tikungan ke kiri, dengan tepat Vettel berhasil melewati Raikkonen dari sisi dalam.

Di lap-lap akhir, Raikkonen terus dibayang-bayangi oleh Alonso dalam perebutan posisi enam. Sementara itu Vettel terus memangkas jarak dari Bottas dalam perebutan posisi empat.

Memasuki lap 64, persaingan dua Ferrari kian sengit. Alonso berhasil melewati Raikkonen yang tidak tinggal diam dan berupaya kembali merebut posisi enam. Tetapi pada akhirnya Alonso sukses mengungguli Raikkonen. Sementara itu Vettel juga berhasil melewati Bottas untuk berada di posisi empat.

Di garis terdepan, ada Rosberg yang juga mencuri perhatian setelah memberikan ancaman lebih intens buat Hamilton dengan dua lap tersisa.


Hasil Balapan GP Spanyol
1. Lewis Hamilton Mercedes-Mercedes 66 laps 1hr 41m 05.155s
2. Nico Rosberg Mercedes-Mercedes +00m 00.6s
3. Daniel Ricciardo Red Bull-Renault +00m 48.9s
4. Sebastian Vettel Red Bull-Renault +01m 16.5s
5. Valtteri Bottas Williams-Mercedes +01m 19.0s
6. Fernando Alonso Ferrari-Ferrari +01m 27.4s
7. Kimi Raikkonen Ferrari-Ferrari +1 lap
8. Romain Grosjean Lotus-Renault +1 lap
9. Sergio Perez Force India-Mercedes +1 lap
10. Nico Hulkenberg Force India-Mercedes +1 lap
11. Jenson Button McLaren-Mercedes +1 lap
12. Kevin Magnussen McLaren-Mercedes +1 lap
13. Felipe Massa Williams-Mercedes +1 lap
14. Daniil Kvyat Toro Rosso-Renault +1 lap
15. Pastor Maldonado Lotus-Renault +1 lap
16. Esteban Gutierrez Sauber-Ferrari +1 lap
17. Adrian Sutil Sauber-Ferrari +1 lap
18. Jules Bianchi Marussia-Ferrari +2 laps
19. Max Chilton Marussia-Ferrari +2 laps
20. Marcus Ericsson Caterham-Renault +2 laps

Retired:
Kamui Kobayashi Caterham-Renault 36 laps completed
Jean-Eric Vergne Toro Rosso-Renault 26 laps completed



(krs/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com