Minggu, 05 Mei 2019 11:58 WIB

Melihat Lagi Selera Motor Presiden RI dari Soeharto sampai Jokowi

Ridwan Arifin - detikOto
Motor presiden. Foto: 20Detik Motor presiden. Foto: 20Detik
Jakarta - Ajang pameran otomotif IIMS 2019 menampilkan tiga unit motor yang pernah ditunggangi Presiden RI, mulai dari Soeharto, Susilo Bambang Yudhoyono, dan Joko Widodo. Ternyata selera motor dari ketiganya berbeda nih detikers.

Hal ini bisa ditemukan pada booth outdoor Telkomsel yang bekerja sama dengan Tigrehood serta Ananda Omesh untuk mendapatkan ketiga unit motor yang pernah ditunggangi oleh masing-masing presiden.


Pertama, motor tunggangan Soeharto dikisahkan bahwa salah satu foto yang paling melegenda adalah saat beliau memboncengi B.J Habibie. Bentuk motornya yang kokoh dan ternyata bukanlah Harley-Davidson melainkan Suzuki VS 400 Intruder. Motor ini dibekali mesin 399 cc liquid cooled 4 langkah, yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 24.6 Kw / 33 hp di 3500 rpm.

Selanjutnya, motor milik Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), ternyata selera motornya tidak sembarangan detikers. Dikisahkan, SBY juga dikenal sebagai sosok yang menyenangi dunia costum, tak jarang beberapa kali dia menunggangi sepeda motor jenis Harley-Davidson Road Glide Screamin Eagle, diketahui motor ini merupakan motor dengan edisi khusus yang dikostumisasi.

Moge yang pernah ditunggangi SBY ini tenaganya luar biasa dibekali mesin V-Twin dengan kapasitas 1.802 cc, dan menggunakan transmisi manual enam percepatan.


Terakhir tentunya motor custom hijau bergaya bobber milik Jokowi tak bisa dilewatkan begitu saja. Berbeda dengan dua motor sebelumnya motor ini justru tampil dengan gaya modifikasi kekinian dan mengubah bentuk asli motor. Mesinnya masih sama, 177cc satu silinder karburator, dengan muntahan power maksimum 9,6 kW di 7.500 rpm dan torsinya 13,2 Nm pada 6.000 rpm.

Motor berbasis Kawasaki W175 tersebut dimodifikasi oleh Katros Garage beberapa waktu lalu dan telah digunakan Jokowi dalam beberapa kesempatan.


Saksikan juga video 'Saat 3 Motor Presiden Indonesia Mejeng di IIMS 2019':

[Gambas:Video 20detik]

(riar/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com