Minggu, 23 Jun 2019 08:25 WIB

Sepeda Motor Bikin Jalanan Lebih Lancar?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Honda Foto: Honda
Brussels - Kemacetan lalu lintas biasanya terjadi di jam-jam sibuk. Tak cuma dipenuhi mobil, kemacetan juga diramaikan oleh sepeda motor. Namun, Belgia melalui federasi otomotifnya percaya bahwa penggunaan sepeda motor bisa bikin kemacetan berkurang.

Diberitakan The Brussels Times, kemacetan lalu lintas bisa diurai jika pengendara menggunakan kendaraan roda dua sebagai alternatif mobilitas sehari-hari. Hal itu dikatakan oleh Federasi Otomotif dan Federasi Roda Dua Belgia.



Federasi bernama FEBIAC itu mengatakan, kendaraan bermotor roda dua bisa menjadi solusi mobilitas yang layak untuk membantu jalan Belgia lebih lancar. Federasi itu pun menyerukan promosi yang lebih luas dari penggunaan sepeda motor dan skuter untuk transportasi harian.

Pakai Motor Bikin Kemacetan Berkurang?Foto: Honda


Federasi mengeluarkan seruan untuk membuat anggaran mobilitas di mana sepeda motor dan skuter akan sepenuhnya terintegrasi. Pengusaha tempat masyarakat bekerja juga diminta untuk mengambil langkah mempromosikan penggunaan sepeda motor, seperti penciptaan tempat parkir khusus atau loker khusus untuk menyimpan helm.



Untuk menyerukan program itu, di Belgia terdapat kampanye Ride to Work Day, yaitu acara yang bertujuan mempromosikan penggunaan sepeda motor dan skuter sebagai transportasi sehari-hari, bukan hanya untuk perjalanan santai.

Kenapa sepeda motor bikin kemacetan berkurang? Disebutkan, dengan kendaraan roda dua, pengendara dapat menghindari stres karena macet dengan menyalip di antara barisan mobil yang terjebak kemacetan. Mengutip Brussels Express, di jalanan Belgia yang macet, pengendara sepeda motor dan skuter bisa melaju lebih cepat dengan bermanuver di antara mobil-mobil. Di sana, manuver sepeda motor di antara mobil dibolehkan ketika kecepatan rata-rata mobil kurang dari 50 km/jam dan perbedaan kecepatan antara mobil dengan motor tidak boleh lebih dari 20 km/jam.

Saat ini di Belgia, tidak semua pemilik sepeda motor atau skuter menggunakan kendaraan roda duanya untuk beraktivitas. Di sana, sepeda motor dianggap sebagai kendaraan untuk dipakai di hari libur. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com