Kamis, 18 Apr 2019 19:36 WIB

Yamaha Kembangkan Mesin Turbocharge

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Pool : Paultan Foto: Pool : Paultan
Jakarta - Yamaha berupaya untuk melakukan inovasi demi menyajikan produk sepeda motor terbaik. Selain kendaraan listrik, produsen roda dua raksasa asal Jepang tersebut dikabarkan tengah mengembangkan mesin turbocharging yang bakal disemat pada motor-motor 'laki'-nya.

Melansir paultan, mesin tersebut akan disematkan pada Yamaha MT-07, salah satu model terlaris motor Yamaha di Malaysia. Ini menjadi makin kuat setelah gambar patennya dirilis.

Pada gambar tersebut terlihat mesin dua silinder dengan turbocharger terpasang dengan header exhaust. Bila gambar tersebut benar-benar akan diseriuskan oleh pihak Yamaha, maka kekuatan MT-07 tentu bakal lebih buas lagi.


Paten Mesin Turbocharge Yamaha MT07,Paten Mesin Turbocharge Yamaha MT07, Foto: Pool : Paultan

Pada model terbarunya, dengan mesin 689cc berpendingin cairan dan crossplane dua silinder, motor bisa menghasilkan tenaga sebesar 73,7 hp di 9.000 rpm. Torsinya mencapai 68 Nm pada 6.500 rpm. Dengan adanya turbocharge, gejala turbolag akan berkurang dan pada akhirnya menambah kekuatan motor.

Turbocharge untuk sepeda motor bukanlah hal baru. Teknologi ini muncul pertama kali di Jepang pada tahun 1980-an.

Awalnya, teknologi ini diperkenalkan untuk mengatasi daya motor yang cenderung kecil pada mesin kecil. Serta, mengurangi berat atau kelambatan (turbolag). Namun setelah standar emisi Euro 5 diberlakukan (tepatnya pada tahun 2020), pabrikan mencari cara untuk mendapatkan output daya yang lebih baik di motor mereka tanpa melanggar hukum.

Paten Mesin Turbocharge Yamaha MT07,Paten Mesin Turbocharge Yamaha MT07, Foto: Pool : Paultan

Tak berselang lama, teknologi turbocharge dilirik dan terus dikembangkan. Sehingga menjadi teknologi pada mesin kendaraan yang populer guna menambah daya atau kekuatan di motor atau mobil walau mesinnya tak begitu besar. (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed