ADVERTISEMENT
Jumat, 22 Feb 2019 09:55 WIB

Skutik dan Motor Bebek Italia Buat Orang Indonesia

Ridwan Arifin - detikOto
Skutik Benelli VZ125i. Foto: Benelli Malaysia Skutik Benelli VZ125i. Foto: Benelli Malaysia
Jakarta - Pabrikan roda dua asal Italia yang kini berbasis di China, Benelli berupaya mengembalikan eksistensinya di Indonesia tahun ini.

Setelah sebelumnya mengeluarkan moge TRK 251, 502C, dan 752S, kini PT Benelli Motors Indonesia (BMI) selalu Agen Pemegang Merk mulai merambah ke segmen skutik dan bebek untuk bersaing dengan pabrikan Jepang.


Motor yang sebelumnya identik dengan moge ini akan meluncurkan produk anyar dengan kapasitas mesin di bawah 200 cc. Motor matik tersebut bernama VZ125i berkubikasi 125 cc dan motor bebek bernama RFS150i dengan kapasitas 150 cc.

Hal tersebut diungkapkan lewat akun jejaring sosial Facebook Benelli Motor Indonesia. Memang sebelumnya sudah diperkenalkan lebih dulu di negara tetangga, Malaysia.

Pertama Benelli mengunggah teaser video dari motor underbone alias bebeknya RFS150i. Di Indonesia sendiri dengan kapasitas mesin tersebut bakal bersaing dengan Yamaha Jupiter MX King dan Honda Supra GTR150.



Bagaimana performa mesin? melihat dari situs resmi Benelli dikatakan bahwa RFS150i dibekali mesin 149,8 CC SOHC dengan enam percepatan, dan mampu memuntahkan tenaga 11.3KW (15,5 hp) pada 8.500 rpm. dan torsi puncak 13 Nm pada 7.000 rpm.

Uniknya motor ini menggunakan tiga busi, dalam laman resminya Benelli menyebut teknologi ini sebagai B3SP System atau Spark Tech, yang diklaim mampu membuat pembakaran semakin sempurna sehingga meningkatkan power dan mengurangi emisi.



Beberapa fitur canggih pun sudah banyak terungkap seperti sudah menggunakan upside-down , layar panel speedometer sudah digital, dan tentunya sudah menggunakan lampu LED.

Selain motor bebek, tak ketinggalan untuk bersaing bersama Yamaha Mio M3 dan Vario 125, Benelli juga menghadirkan VZ125i. Bagaimana spek singkat nya?

Beberapa fitur disematkan untuk bersaing di segmen skutik 125 cc antara lain lampu depan dan belakang LED, panel dashboard full digital, bagasi luas dan tak lupa fitur generasi millenial seperti USB charging dan keamanan lampu hazard.



Bicara dapur pacu Benelli VZ125i dibekali dengan mesin 124 cc SOHC 4-Tak berpendingin udara yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 8,4 hp dan torsi sebesar 9 Nm.

Belum diungkapkan berapa harga pasaran di Indonesia, tapi sepertinya bakal dijual murah dibanding kompetitornya seperti yang sudah-sudah. Tertarik meminangnya Otolovers?

(riar/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com