Jumat, 09 Nov 2018 11:21 WIB

Deretan Skutik Rp 20 Jutaan yang Bakal Ditantang Gesits

Dina Rayanti - detikOto
Motor Gesits di Istana Negara. Foto: Andhika Prasetia Motor Gesits di Istana Negara. Foto: Andhika Prasetia
Jakarta - Datang ke Indonesia sebagai pendatang baru Gesits harus siap berhadapan dengan para kompetitor yang sudah terlebih dahulu. Masuk di segmen skutik bertenaga listrik, sebenarnya lawan utama Gesits adalah Viar Q1.

Keduanya sama-sama dikembangkan sejak tahun 2015, namun Viar Q1 mengaspal lebih dulu. Viar Q1 ditawarkan dengan harga Rp 17,5 juta pada bulan Mei 2018 setelah mengalami kenaikan akibat nilai tukar rupiah yang terus melemah terhadap dolar AS.


Motor jenis skutik memang menjadi tren tersendiri di kalangan masyarakat Indonesia.

Sedangkan motor bebek yang dulu sempat populer kian ditinggalkan. Penjualan motor skutik pun semakin membludak. Bahkan Ketua Umum Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) Johannes Loman menyebut 82 persen motor baru yang terjual di Indonesia adalah jenis skutik.

Harganya pun bervariasi. Mulai dari Rp 13 jutaan hingga kisaran Rp 300 juta tergantung dengan model dan kapasitas motor. Tetapi model terlaris berada di kisaran harga Rp 18-20 juta.

Kembali ke Gesits, motor listrik ini saat awal kemunculan disebut-sebut bakal dijual dengan banderol harga di kisaran Rp 15 jutaan. Sayangnya harga perkiraan itu harus meleset.


"Kita mengharap bahwa harga pasar bisa di bawah kompetitor sekelas yang motor konvensional," kata Direktur Gesits Technologies Indo Zaki Nahdi Saleh.

"Kalau dari kita, dari industrinya kurang lebih di Rp 20 juta, kalau nanti kita jual ke pasar kurang lebih Rp 22-23 juta," lanjut Zaki.

Dengan kisaran harga tersebut, tentunya Gesits harus menunjukkan kelebihannya agar masyarakat mau beralih dari motor konvensional ke listrik. Pasalnya banyak motor bermesin konvensional terutama skutik dengan harga jual di kisaran yang sama.


Honda misalnya menawarkan banyak varian skutik seperti BeAT, Scoopy, Vario, PCX, SH150i, PCX Hybrid, hingga Forza. Harga jualnya beragam kebanyakan ditawarkan dengan harga di bawah Rp 20 juta. Sementara skutik Honda yang dibanderol Rp 20 jutaan tercatat ada Vario 125 CBS-ISS Rp 20 juta, Vario 150 Rp 22,6 juta, dan PCX 150-CBS Rp 27,8 juta.

Yamaha pun memiliki sederetan model skutik seharga Rp 20 jutaan. Mulai dari Lexi, Nmax, Aerox, hingga FreeGo. Sedangkan Suzuki, deretan skutiknya paling mahal dijual seharga Rp 15 jutaan.




Tonton juga 'Jokowi Jajal Motor Listrik Gesits: Suara Halus, Nggak ada 'Greng-greng':

[Gambas:Video 20detik]


Deretan Skutik Rp 20 Jutaan yang Bakal Ditantang Gesits
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed