Jumat, 18 Agu 2017 18:18 WIB

Pemotor Siap-siap! September Nggak Boleh Lewat Jl Sudirman

Ardan Adhi Chandra - detikOto
Foto: Lamhot Aritonang Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Siap-siap pemotor, sepeda motor akan dilarang melintasi Jalan Jenderal Sudirman sepanjang Bundaran Hotel Indonesia (HI) hingga Bundaran Senayan. Pada akhir September, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mulai memberlakukan larangan tersebut. BPTJ mulai mensosialisasi rencana tersebut.

"Kemarin kita seperti rencana kerja kita sampai September. September mulai, karena ada regulasi target kita September akhir ya," kata Kepala BPTJ Bambang Prihartono di Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Jumat (18/8/2017).

Pembatasan motor di sepanjang Jalan Sudirman, kata Bambang, dilakukan untuk meningkatkan keselamatan berkendara. Selain itu, langkah ini ditempuh untuk mengubah kebiasaan masyarakat menggunakan transportasi umum.

"BPTJ sebagai wakil dari pemerintah perlu untuk memperhatikan pengoperasian kendaraan roda dua. Sehingga bergeser kepada angkutan umum yang lebih selamat menekan angka kecelakaan," ujar Bambang.

Kebijakan ini akan diperkuat payung hukum lewat penertiban peraturan gubernur (pergub) oleh Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.

"BPJT menginisiasi bersama Dishub cuma implementasi adalah Dishub karena kewenangan pemda. Kerangka yang keluarkan Gubernur DKI Jakarta," tutur Bambang. (ara/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed