Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 10 Juli 2017, 07:25 WIB

Versi Touring Tambah Jualan Motor Suzuki GSX Series, Tak Ganggu Satria

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Versi Touring Tambah Jualan Motor Suzuki GSX Series, Tak Ganggu Satria Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta -

Banyaknya pecinta touring membuat Suzuki merilis GSX-S150 versi touring. Motor ditargetkan terjual 500 hingga 1.000 unit per bulan. Target tersebut juga dirasa Section Head Market Relation PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Banggas Pardede, akan mendorong penjualan versi standarnya.

"Kami malah mengharapkan total penjualan GSX series sampai 3.500 unit per bulan. Karena dengan adanya versi touring ini otomatis mendorong penjualan yang standar," ujarnya di Jakarta.

"Kenapa? karena ketika orang sudah mulai merasakannya, akan menimbulkan pengaruh positif, dan itu yang akhirnya bisa membuat multiplier effect," tuturnya.

Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Seiji Itayama menambahkan peluncuran GSX-S150 versi touring, merupakan bagian dari strategi Suzuki untuk meningkatkan penjualan.

"Poinnya menurut saya adalah mau tambah lagi, memperkuat brand dengan menambah varian ini, supaya lebih besar dan banyak konsumennya," pungkasnya.

Saat ini GSX-S150 masih mendominasi penjualan GSX series. GSX-R150 umumnya dibeli dari konsumen yang suka mengeksplor kendaraannya.

"Persentase 40 - 60 persen lah. Setelah ini kami harapkan jadi 50 - 50. Kalau sampai akhir tahun target rata-rata GSX series itu sih 600 sampai 800 yah total R dan S," ungkap Banggas lagi.

Pada versi touring GSX-S150, Suzuki menyematkan beberapa aksesoris pendukung untuk perjalanan jarak jauh. Namun versi standar juga bisa dijadikan versi touring. Aksesoris dijual terpisah.

"Jadi sebenarnya ada 8 item total yang kami sediakan untuk versi touring, tapi yang kami pasang hanya 3 yang paling inti," ujar Banggas.

Untuk selisih harga pembelian aksesoris tersebut secara terpisah, dibandingkan yang sudah disematkan pada versi touring dikatakan Banggas tidak terlalu jauh. "Lebih mahal tapi tidak terlalu jauh, sekitar Rp 200 ribuan," kata Banggas.

GSX Tak Ganggu Satria

Sementara itu hadirnya GSX Series yang dikhawatirkan mengganggu penjualan Suzuki Satria ternyata tidak terbukti. Seiji Itayama mengatakan, justru penjualan Satria meningkat di bulan Juni kemarin. "Bulan Juni Satria naik, sekitar 7.800 total, Satria saja, itu secara retail," ujarnya.

Bahkan, lanjut Itayama mengatakan, saat ini persediaan Satria di diler-diler sudah menipis, dan ada juga yang kehabisan. "Malah sekarang tidak ada barang di diler kita, GSX R juga. Jadi ada yang masih punya stock, ada yang tidak. Tergantung diler," ucapnya. "Jadi bagi konsumen yang mau beli, harus inden sekitar satu bulan," lanjut Itayama.

Untuk itu, Suzuki mulai meningkatkan jumlah produksi Satria, menjadi 7.000 unit per bulan. Selain itu, Satria juga akan diberikan penyegaran dari segi desainnya. "Kita akan sediakan beberapa warna baru untuk Satria," pungkasnya.

(khi/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed