Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 14 Juni 2017, 10:09 WIB

SPLU Belum Banyak, Ngecas Motor Listrik di Jakarta Antrenya Bagaimana?

M Luthfi Andika - detikOto
SPLU Belum Banyak, Ngecas Motor Listrik di Jakarta Antrenya Bagaimana? Motor listrik Yamah EC Miu (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta -

Saat ini Perusahaan Listrik Nasional (PLN) sudah menyediakan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) 479 titik di Jakarta yang diperuntukkan untuk motor listrik.

Namun angka ini belum cukup, selain itu SPLU juga harus tersedia di daerah agar motor listrik bisa menjadi produk yang massal. Apalagi jika kedua pabrikan motor besar seperti Honda dan Yamaha mulai memproduksi motor listrik. Kedua pabrikan ini jika memproduksi motor bisa mencapai ratusan ribu per bulan.

"Soal motor listrik? PLN baru siapkan SLPU, tapi kan baru ada ratusan. Nah kalau jualan motor 1 bulan Yamaha misalnya 100 ribu, Honda 200 ribu per bulan, bayangkan kalau listrik semuanya, itu bagaimana antre ngecasnya," kata GM After Sales & Public Relation, M Abidin di Jakarta.

Tidak hanya itu, Abidin juga mengatakan SPLU saat ini masih terpusat di Ibukota. Lalu bagaimana dengan di daerah?

"Kita tahu SPLU itu seperti SPBU, Anda bayangkan kalau ke Kalimantan tapi tidak bisa mengisi bahan bakar. Artinya motor ini tidak bisa jalan jauh, artinya kalau mau jarak tempuhnya jauh tidak hanya motornya, tapi infrastrukturnya (harus dipersiapkan juga-red)," kata Abidin.

"Tidak hanya Jakarta di pusatnya, tapi juga di Jakarta pinggir atau daerah juga harus dipikirkan," tambahnya. (lth/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed