Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 13 Juni 2017, 14:08 WIB

Soal Motor Listrik, Yamaha Wait and See

M Luthfi Andika - detikOto
Soal Motor Listrik, Yamaha Wait and See Yamaha EC-Miu (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta - Dengan dukungan dari PLN, produsen motor lokal Viar, sudah berani merilis motor listrik. Bagaimana dengan produsen motor lain, dari Jepang, seperti Yamaha?

Yamaha menilai infrastruktur menjadi kunci utama berkembang atau tidaknya motor listrik di Indonesia. "Kita wait and see, memang arah ke depannya pasti ke sana (motor berbekal listrik). Jika saatnya tiba, kita tunggu saja peraturan pemerintah," ujar GM After Sales & Public Relation, M Abidin di arena Jakarta Fair, Kemayoran, Jakarta.

Lalu apa harapan Yamaha, saat kebijakan motor listrik benar-benar diterapkan di Indonesia? Yamaha sendiri pernah memamerkan motor listrik di pameran motor beberapa tahun lalu.

Yamaha EC MiuYamaha EC Miu. Yamaha EC-Miu adalah motor 3 roda konsep bertenaga listrik. Modelnya mengusung desain futuristik. Yamaha EC-Miu listrik Electric Concept mengawali debutnya di Tokyo Motor Show akhir 2011. Foto: Rengga Sancaya


"Harapannya? Saat ini kita tidak tahu bagaimana respons masyarakatnya seperti apa (menyambut motor listrik). Selanjutnya mengenai safety issue, apakah semuanya sudah siap. Jadi kita belum tahu apa yang kita harapkan, selain itu kita tunggu perintah pimpinan terlebih dahulu," katanya.

Sayang Yamaha masih enggan membocorkan model seperti apa yang akan dilahirkan Yamaha, jika motor listrik sudah banyak beredar di Indonesia. Berbeda dengan Honda motor yang secara terang-terang mengatakan akan bertekad untuk membuat motor listrik komuter. Sampai tahun 2018, Honda akan merilis beberapa model motor listrik.

Honda pun tengah melakukan riset dan pengembangan motor listrik komuter yang sangat nyaman. Salah satu fitur utama di motor adalah motor memiliki baterai listrik yang bisa dicopot sehingga gampang untuk diganti atau dicas ulang baterainya.

Honda EV CubHonda EV Cub Foto: Istimewa


Di Indonesia, bekerja sama dengan beberapa instansi, Honda menggelar Uji Coba Perilaku Berkendara Sepeda Motor Listrik bulan September 2016 lalu dengan menyiapkan 2 unit sepeda motor listrik Honda EV Neo. Dalam program ini, pemerintah bersama akademisi dan institusi berupaya menyiapkan alternatif kendaraan bermotor yang ramah lingkungan untuk masyarakat Indonesia. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +