ADVERTISEMENT
Senin, 29 Jun 2015 16:01 WIB

Moge Masuk Tol

3 Alasan Pengguna Motor Gede Boleh dan Tidak Boleh Masuk Jalan Tol

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto moge masuk tol di Bogor (pembaca) Foto moge masuk tol di Bogor (pembaca)
Jakarta -

Kalangan pengguna motor besar atau motor gede meminta izin ke Korps Lalu Lintas Polri dan Ikatan Motor Indonesia untuk melaju di jalan tol. Sebagian besar masyarakat menolak ide ini, namun ternyata ada juga yang setuju lho.

Menurut kubu yang menolak, setidaknya ada 3 alasan yang membuat moge dilarang masuk ke jalan tol. Begitu juga kubu yang pro, menuturkan setidaknya ada 3 alasan yang membuat moge wajar masuk jalan tol.

Salah satu Otolovers yang kontra adalah Rifan Kuswanto. “Saya tidak setuju jika moge masuk tol. Indonesia memang beda dengan luar negeri yang membolehkan moge masuk tol, dan itu sah-sah saja kan? Kenapa harus sama?” ujarnya.

Berikut 3 alasan yang diajukan Rifan.

1. Panjang dan lebar jalan tol kita lebih pendek dibanding luar negeri. Sekarang saja tol sudah sering macet apalagi ditambah populasinya dg moge.

2. Perilaku pengendara motor gede yang cenderung arogan. “Mohon maaf, selama yang saya tau klub motor moge atau motor biasa selalu arogan di jalan (minta prioritas dibanding pengguna jalan lain, bahkan penyeberang jalan kaki). Bisa kebayang gak nanti kalau dibolehkan masuk tol, kebetulan tol macet apa mau antri si motor tersebut?” ujarnya.

3. Jika moge dibolehkan masuk tol, klub motor yang lain, seperti klub motor bebek pasti juga mengusulkan agar motor mereka bisa masuk tol.

Sementara itu Novel K, Otolovers yang tinggal di Bandung, justru menyukai ide moge masuk jalan tol. Dia juga menuturkan 3 alasan kenapa moge boleh masuk jalan tol.

“Saya setuju moge masuk tol, alasannya, pertama motor gede memiliki kapasitas mesin besar, kedua pengguna moge rata-rata orang dewasa dan pendidikan tinggi, jadi lebih mengerti tata tertib lalu lintas, dan ketiga selama mereka sanggup bayar,” ujarnya.

Bagaimana menurut Otolovers yang lain? Setuju atau tidak dengan permintaan para pengguna motor gede ini? Kirim alasan Anda ke redaksi@detikoto.com, atau ikuti juga percakapan di media sosial dengan #mogemasukjalantol.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com