ADVERTISEMENT
Sabtu, 29 Nov 2014 07:04 WIB

Honda Resmikan Laboratorium Otomotif di Pulau Dewata

- detikOto
Denpasar - Persaingan dunia otomotif semakin ketat, dibutuhkan generasi muda Indonesia yang cerdas, dengan memiliki daya saing tinggi.

Sadar dengan hal itu, onda kembali menjalin kerjasama dengan menghadirkan kurikulum sepeda motor Honda di SMKN 1 Manggis Karangasem, Bali.

Dengan bekerja sama dengan main dealer wilayah Bali, Astra Motor Denpasar, AHM meresmikan laboratorium otomotif SMKN 1 Manggis Karangasem, Bali sebagai sarana praktik implementasi Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda.

"Sebagai salah satu program tanggung jawab sosial perusahaan di bidang pendidikan, perusahaan telah menyusun silabus khusus terkait keterampilan teknik sepeda motor bagi siswa SMK," ujar Deputi Head of Corporate Communication PT AHM Ahmad Muhibbuddin, di SMKN 1 Manggis Karangasem, Jumat (28/11/2014).

Silabus KTSM Honda ini, lanjut Muhibbuddin, dikembangkan dengan memadukan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SK-KD) yang dikeluarkan Dinas Pendidikan.

"Dengan materi pelatihan teknik Honda juga menjadi materi pelatihan dan uji kompetensi mekanik di bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS)," tambah Muhib.

SMK Negeri 1 Manggis Karangasem menjadi sekolah kedua di Pulau Dewata yang mengimplementasikan KTSM Honda, setelah sebelumnya AHM telah melakukan penandatanganan MoU bersama dengan SMK PGRI 2 Badung.

Untuk memaksimalkan implementasi KTSM Honda, Honda menentukan standar khusus bagi laboratorium tempat praktik siswa SMK KTSM Honda.

AHM juga memberikan donasi unit sepeda motor dan peralatan khusus untuk mendukung siswa mempraktekkan ilmu dan pengetahuan yang diperolehnya di dalam kelas terkait sepeda motor dan teknologi terkini Honda.

Implementasi program KTSM Honda ini telah memasuki tahun kelima dan sudah tersebar luas dari Aceh sampai Papua dengan jumlah hampir 300 SMK. AHM berkomitmen terus menggulirkan program ini sebagai upaya nyata perusahaan dalam berkontribusi meningkatkan kualitas pendidikan generasi muda Indonesia.

Dan penandatanganan MoU dengan SMKN 1 Manggis Karangasem Bali, juga ikut disaksikan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda & Olahraga Kabupaten Karangasem I Gede Ariyasa, Manajemen Astra Motor Denpasar, jajaran dewan guru SMK Negeri 1 Manggis Karangasem serta tokoh masyarakat di wilayah Kabupaten Karangasem.‎

(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com