ADVERTISEMENT
Sabtu, 12 Apr 2014 17:43 WIB

Motor Petualang BMW Lahir di Bali

- detikOto
Syubhan-detikOto Syubhan-detikOto
Denpasar, - Bagi para petualang, BMW R1200GS Adventure adalah salah satu motor terbaik di dunia saat ini. Dan BMW R1200GS Adventure terbaru kini sudah menyapa Indonesia. Harganya, Rp 589 jutaan.

Motor ini baru saja diperlihatkan oleh BMW Motorrad Indonesia di Bali. Harga tadi adalah harga off the road, jadi belum termasuk pajak.

Nah, bicara mengenai motor ini, BMW R1200GS Adventure memang bukanlah motor sembarangan. Tubuhnya yang sporty sudah menyiratkan kemampuannya melahap segala medan. Menurut Motorcycle Specialist BMW Motorrad Indonesia Saparuddin Taher, BMW R1200GS Adventure terbaru sudah disempurnakan.

"Ada perubahan di body bila dibanding sebelumnya. Bila dibandingkan dengan GS biasa, tangki motor ini juga lebih besar. 30 liter, yang biasa hanya 23 liter. Kapasitas tangki besar ini dibutuhkan untuk mereka yang suka bertualang. Ini juga diadopsi dari motor-motor Paris-Dakkar," jelasnya.

Tubuh motor pun di buat lebih tinggi. Dimensi motor ini berada di angka 2.255x980x1.450 mm (PxLxT).

Suspensi 210 mm di depan dan 220 mm di belakang tampak hadir bersama wheelbase motor yang berada di angka 1.510 mm. Suspensi motor ini menurut Taher merupakan salah satu keunggulan.

Ada berbagai teknologi yang disematkan BMW Motorrad di suspensi motor ini. Di depan saja ada BMW Motorrad Telelever dengan stanchion berdiameter 37 mm serta central spring strut.

Di belakang cast aluminium single-sided swing-arm bersanding dengan BMW Motorrad Paralever, WAD strut serta spring pre-load hydroulically adjustable dan rebound damping adjustable.

Sementara untuk jantungnya, kekuatan mesin tampak lebih besar karena sudah meningkat menjadi 125 hp di kitiran rpm 7.750 dengan torsi 125 Nm di rpm 6.500.

Kekuatan itu di dapat dari mesin 1.170 cc yang pada akhirnya mampu membuat motor ini melesat hingga ke angka lebih dari 200 km/jam.

"Kalau motor ini, saya yakin bisa jual 50 unit tahun ini. Bisa lebih," cetus Taher.



(syu/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com