ADVERTISEMENT
Selasa, 18 Feb 2014 15:00 WIB

Ini Pendapat Pemotor Tentang Ban Michelin

- detikOto
Jakarta -

Banyak yang meragukan kualitas Michelin di Indonesia akhirnya terjawab sudah. Dan kali ini ketangguhan Michelin Street Radial diuji dari Sabang hingga Papua.

Seperti yang diungkapkan Head of Marketing & Sales PT Michelin Indonesia, Bayu Surya Pamugar Sugeng, di Jakarta, Selasa (18/2/2014).

"Banyak yang meragukan kualitas kami (ban Michelin), dengan mengatakan ban-nya asal Prancis, buatan Thailand dan tidak pernah diuji di Indonesia. Dan kali ini terbantahkan sudah," kata Bayu.

googletag.defineOutOfPageSlot('/4905536/detik_desktop/oto/parallax_detail', 'div-gpt-ad-1558277787290-0').addService(googletag.pubads());
Pengujian kali ini tidak dilakukan produsen ban asal Prancis ini rupanya bukan dilakukan oleh Michelin sendiri. Melainkan langsung diuji beberapa komunitas motor di Indonesia, tanpa mendapat kompensasi dari Michelin, Alias menggunakan dana sendiri (membeli ban sendiri).

Dan pengalaman sejumlah bikers yang melakukan touring ke sejumlah kota di Indonesia lah yang menjadi bukti kualitas Michelin Pilot Street Radial.

"2013 saya melakukan touring membelah Jawa-Sumatera hingga ke Sabang 0 KM, serta Bali dan Lombok dengan menggunakan Pilot Street Radial," kata salah satu anggota komunitas Yamaha V-Ixion Club Indonesia, Murray.

"Saya melakukan ini (pengujian ban Michelin) murni, kami tidak dibayar apa-apa. Bahkan kami membeli ban menggunakan uang sendiri cuma mendapat diskon 10 persen. Tidak masalah, karena ban merupakan suatu yang penting buat kami," ujarnya.

Atas pengakuan Murray, dirinya juga terkejut meski sudah melewati lebih dari 25 ribu km, kualitas Pilot Street Radial tetap stabil dengan grip yang masih oke, dan alur kembangan ban nya pun masih terlihat bagus.

Hal senada juga diungkapkan salah satu komunitas Kawasaki Ninja Club Indonesia Chapter Jakarta, Wahib. Dengan menggebu-gebu dirinya mengatakan tidak terikat kontrak kerja apa pun. Sehingga dirinya bebas memberikan pendapat.

"Tidak ada yang bisa membeli saya atau komunitas saya," kata Wahid.

Dalam pengujiannya kali ini Wahid turut menguji 6 jenis ban yang berbeda, menggunakan dana sendiri. Bahkan dirinya mengakui saat tengah menguji ban dari Jawa, Sulawesi, hingga Manado, 2 ban merek lainya pecah, dan Michelin masih dalam kondisi normal.

"Saya bersama tim ekspedisi membandingkan Pilot Street Radial dengan ban radial kelas dunia lainnya. Hasilnya sungguh mengejutkan, karena Pilot Street Radial menjamin keamanan dan kenyamanan anggota ekspedisi saya selama di perjalanan,” ujar Wahid.

Spontan inisiatif komunitas bikers di tanah air disambut positif Michelin Indonesia.

"Besarnya respon para bikers terhadap produk Michelin menjadi salah satu bukti bahwa ban ini memang cocok untuk berbagai jalan di Indonesia. Dan itulah yang menjadi komitmen Michelin untuk selalu menghadirkan produk terbaik dengan tingkat keamanan dan kenyamanan tertinggi,” tambah Bayu.

Di Indonesia, ban motor untuk tipe Michelin Pilot Street Radial dipasarkan dengan ukuran mulai 110/70 hingga 140/70. Dan Michelin akan menambah ukuran varian ban motor ini sebagai respon positif dari banyaknya permintaan para bikers di tahun ini.

(lth/syu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com