Senin, 02 Des 2013 08:56 WIB

Yamaha R1 Ditarik, Indonesia Aman!

- detikOto
Jakarta - Salah satu motor populer milik Yamaha, Yamaha YZF-R1. Motor sport ini ditarik dari beberapa negara karena ada masalah di sektor mesinnya.

Yamaha, seperti dilansir Motorcycle, mengumumkan kalau mereka akan melakukan penarikan kembali (recall) terhadap Yamaha YZF-R1 model tahun 2010. Negara-negara seperti Australia, Jerman dan Inggris telah mengumumkan recall tersebut dan diprediksi akan bertambah dikemudian hari.

Recall ini sendiri terjadi karena ada masalah pada bagian mesin motor dimana menurut Australian Competition & Consumer Commission ada ketidak-singkronan pada accelerator position sensor (APS), throttle position sensor (TPS) dan engine control unit (ECU).

APS dan TPS bermasalah dan bisa mengirim sinyal yang salah ke ECU yang akan mencegah mesin kembali ke kecepatan normal ketika gas sudah dilepas. Pihak berwenang di Inggris dan Jerman juga memberi peringatan yang sama.

Belum diketahui apakah recall ini akan dilakukan secara global. Tapi di Inggris, ada 139 unit Yamaha R1 yang ditarik bersama 85 unit di Australia. Jerman tidak mengumumkan berapa banyak unit yang terkena recall ini.

GM Promotion and Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Eko Prabowo yang mengetahui hal ini langsung mengatakan kalau Yamaha YZF-R1 yang baru saja dipasarkan di Indonesia tidak terlibat recall karena Yamaha YZF-R1 model 2014, meski Yamaha YZF-R1 untuk Indonesia adalah model Eropa..

"Kami Europe model, punya kami model 2014 jadi enggak ada recall," tegas Eko.




(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed