Rabu, 30 Nov 2011 13:28 WIB

Honda Siap Produksi Moge di Thailand, Indonesia Kebagian?

- detikOto
Tokyo - Meski sedang dirundung masalah banjir, Honda ternyata masih mempercayakan Thailand sebagai basis produksi motor miliknya. Bahkan, Honda dikabarkan akan segera memproduksi motor 400 cc keatas di negeri gajah putih itu. Bila ini terjadi, bukan tidak mungkin moge-moge Honda juga akan segera resmi masuk ke Indonesia.

Honda Motor Co seperti detikOto kutip dari media Jepang, Yomiuri Shimbun dikabarkan telah memutuskan untuk mengalihkan produksi sebagian sepeda motor ber-cc menengah dan besar dengan kapasitas mesin 400cc atau lebih yang telah diproduksi di Jepang ke Thailand.

Seperti diketahui, sebelumnya Honda selalu memproduksi mobil menengah dan besar di Jepang. Namun, profitabilitas mereka telah menurun tajam karena apresiasi yen saat ini, yang melayang hingga sekitar 77 yen untuk satu dolar Amerika.

Karenanya, Honda memutuskan untuk menurunkan biaya produksi dengan memproduksi beberapa model luar negeri. Sebelumnya, di luar Jepang Honda hanya memproduksi motor-motor dengan kapasitas dibawah 250 cc, sementara motor berkapasitas mesin diatasnya diproduksi di pabrik Kumamoto untuk diekspor ke negara maju di barat.

Namun karena nilai tukar yen, perusahaan ini pun mulai merombak taktiknya dengan berencana untuk memproduksi motor baru berkapasitas 400 cc mulai Oktober tahun depan di sebuah pabrik yang akan dibangun di pinggiran kota Bangkok.

Nantinya, pabrik yang ada di Kumamoto tetap berproduksi untuk pasar lokal Jepang. Sedangkan pabrik Thailand akan menjadi markas baru perusahaan untuk ekspor, menanggapi permintaan luar negeri meningkat.

Seperti diketahui, produksi mobil Honda di Thailand sempat terhenti pada 4 Oktober lalu karena banjir melanda, Ayutthaya, Thailand tempat pabrik mobil Honda berdiri.

Namun, pabrik sepeda motor Honda di pinggiran kota Bangkok tidak mengalami kerusakan banjir dan sudah kembali produksi pada 14 November ketika rantai pasokan komponen dari vendor-vendor yang tersebar di Thailand diperbaiki.

Sayangnya, tidak dijelaskan motor-motor berkapasitas sedang dan besar apa saja yang akan diproduksi di Thailand nanti. Tapi yang pasti, bila hal tersebut benar dilakukan, bukan tidak mungkin Indonesia akan disiram dengan berbagai produk motor besar tersebut mengingat hal itu juga dilakukan Honda ketika CBR250R diproduksi disana.



(syu/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed