Minggu, 22 Apr 2018 07:11 WIB

Ini Fitur Canggih di Motor yang Ditaksir Jokowi untuk Paspampres

Dina Rayanti - detikOto
Jokowi saat melihat Honda Gold Wing di booth AHM. Foto: PT Astra Honda Motor Jokowi saat melihat Honda Gold Wing di booth AHM. Foto: PT Astra Honda Motor
Jakarta - Motor dengan banderol miliaran pastinya memiliki deretan fitur canggih. Motor gede Honda Gold Wing misalnya, memiliki nilai jual seharga Rp 1,010 miliar, Honda mengklaim motor buat pencinta turing ini memiliki segudang fitur.

Honda Gold Wing versi terbaru ini memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan versi lamanya. Bobot ringan itu diharap bisa membantu pengendara saat bermanuver.

"Dengan styling berbeda dari model sebelumnya, kami mengembangkan impresi lebih bersisi seperti atlet dan tampilan yang tajam dan bertenaga," kata Large Project Leader Honda Goldwing, Yutaka Nakanishi saat ditemui di Arena PRJ Kemayoran, Jakarta.


Honda juga menyematkan fitur electric windshield untuk mengantisipasi kondisi jalan dan kecepatan pengendara saat turing. Electric wind shield ini bisa mengurangi hambatan udara sebesar 11,8 persen.

"Dengan electric wind shield ini dimungkinkan pengendara mendapat perlindungan dari angin kapan saja sesuai keinginan pengendara sesuai dengan mengatur dari tombol yang ada di setang sebelah kiri," jelas Yutaka.

Diperuntukkan untuk mereka yang hobi turing, Honda membekali Gold wing dengan bagasi berkapasitas besar. Bahkan mirip seperti koper, bagasi berkapasitas 110 liter itu bisa menyimpan pakaian untuk kebutuhan 1 orang selama menginap 4 hari 3 malam.

Layaknya mobil, ada fitur Hill Start Assist (HSA) di Honda Gold Wing ini untuk membantu pengendara di jalanan mendaki.


"Berkendara dengan sepeda motor besar saat melalui jalan mendaki adalah satu hal yang sangat menakutkan bagi pengendara. Untuk mengurangi hal itu kami sematkan HSA pada model ini. dengan fitur ini, saat pengendara berhenti di jalan mendaki dan dengan cepat menekan tuas rem, modular ABS akan mengaktifkan tekanan hidraulik pada caliper rem belakang," tuturnya.

Honda Gold Wing menggendong mesin berkapasitas 1.800cc berpendingin cairan 6 silinder yang dipasang secara horizontal berlawanan menjadi ciri khas elemen utama dari karakternya yang kaya. Meskipun dengan layout umum yang sama, banyak hal telah disempurnakan untuk membuat mesin ini lebih kompak, irit dan ringan dengan maksimum power 92.9 kW pada 5.500 rpm dan torsi maksimum 170 Nm pada 4500 rpm.

Model ini memiliki transmisi canggih dengan 7 kecepatan Dual Clutch Transmission (DCT) generasi baru yang dilengkapi dengan forward/reverse Walking Mode, bobot mesin Honda Gold Wing saat ini lebih ringan dibandingkan model sebelumnya, mesinnya diletakkan didepan pada casis untuk distribusi berat yang lebih ideal.

Silinder bore yang digunakan pada model ini lebih kecil, crankshaft yang diperbarui, serta penggunaan UnicamĀ® valve train layout. Efisiensi pembakaran juga menjadi lebih baik dengan penggunaan 4 katup di setiap silinder mesin, sementara gesekan pada pinggiran piston menjadi lebih kecil dengan pengaplikasian lapisan molybdenum.

Dengan bobot keseluruhan yang lebih ringan serta aerodimika model yang telah diperkuat sehingga menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih irit, Honda berhasil mengurangi kapasitas tanki dengan tetap mempertahankan jarak tempuh yang mengagumkan seperti model sebelumnya. Perubahan juga dilakukan pada sistem intake untuk torsi dan respons motor yang lebih baik, serta update pada sistem pembuangan yang menitikberatkan pada personalitas motor yang lebih hidup melalui suara knalpot yang lebih dalam.


Sasis yang digunakan untuk model ini telah melalui rangkaian tahap penyesuaian untuk meningkatkan manuverabilitas di kecepatan rendah dan tetap menjaga stabilitas di kecepatan tinggi. Honda Gold Wing menggunakan frame twin-spar alumunium yang diwelding menggunakan robot dengan plates yang memiliki ketebalan baru dan dipasangkan dengan struktur pivot-area baru. Frame dan swingarm baru ini berhasil mereduksi bobot motor yang mana apabila dikombinasikan dengan titik rendah gravitasi dan pemusatan massa yang lebih baik dapat berkontribusi signifikan terhadap kelincahan dari Honda Gold Wing ini.

Suspensi yang digunakan oleh model ini meliputi sistem suspensi depan double-wishbone baru dan peredam shock depan dan belakang Showa. Untuk kenyamanan yang lebih sempurna, Honda Gold Wing menggunakan konfigurasi suspensi belakang Pro-LinkĀ® dengan reaksi progresif. Redaman suspensi serta preload diatur secara elektronik di model ini.

Sistem pengereman pun telah ditingkatkan melalui pemasangan kaliper depan serta rotor yang lebih besar yaitu 320mm. Model ini juga menggunakan sistem pengereman C-ABS yang diatur secara elektronik yang berfungsi untuk mendistribusikan gaya pengereman ke roda depan dan belakang.

Honda Gold Wing hadir dengan 2 warna pilihan yakni Candy Ardent Red dan Pearl Glare White yang dipasarkan dengan harga On The Road (OTR) DKI Jakarta Rp.1.010.000.000,- Model ini dipasarkan secara eksklusif di 11 showroom Big Wing di 9 kota besar di Indonesia. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed