Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 16 April 2018, 13:27 WIB

Mesin Honda Vario Beda dengan PCX, Ini Angka Konsumsi BBM-nya

Ruly Kurniawan - detikOto
Mesin Honda Vario Beda dengan PCX, Ini Angka Konsumsi BBM-nya Honda Vario diluncurkan di Jakarta, Senin (16/4/2018). Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Motor skutik andalan Honda yakni Honda Vario mengalami ubahan lagi. Berbeda dengan penyegaran di 2015 kemarin, kini perubahan cukup terasa khususnya pada varian 150cc. All New Honda Vario 150 punya mesin baru.

Ada yang menarik disana, yaitu dapur pacu All New Honda Vario 150 ini berbeda dengan Honda PCX rakitan lokal. Hal itu karena desain dan bentukan tubuh dari Vario berbeda dengan skutik bongsor itu.

"Ini mesinnya berbeda dari PCX lokal. Air cleaner yakni volume, dan posisinya berbeda. Pada sisi CVT juga beda, PGM-FI (Programmed Fuel Injection) nya berbeda juga," kata Marketing Director PT Astra Honda Motor Thomas Wijaya saat berbincang dengan wartawan di Jakarta, Senin (16/4/2018).

"Jadi secara keseluruhan itu berbeda. Ini (mesinnya) disesuaikan total desain, total wheelbase, frame, dan lainnya," lanjutnya.



Oleh karena itu, Honda Vario dijamin tidak akan berebut pasar dengan PCX lokal di Indonesia. Soalnya, harga dan pengkhususan motor tersebut berbeda.

"Segmennya beda jauh. Yang satu sudah hampir Rp 30 jutaan, nah ini masih di Rp 22 jutaan," ucap Thomas.

Nah bagi Otolovers yang ingin skutik yang cukup besar, tidak ribet, dan masih sporty, Thomas mengungkapkan Vario 150-lah pilihannya. "PCC lagipula kan konsumennya lebih ke skutik besar. Kalau ini dia (Vario 150cc) ada sedikit ke skutik besar tapi juga masih sporty. Praktisnya juga masih mudahan Vario, sih," tutupnya.

All New Honda Vario 150 dengan segala ubahannya dibanderol Rp 22.500.000 (on the road Jakarta). Ada 4 pilihan warna di motor ini yaitu Exclusive Matte Black, Exclusive Matte Red, Exclusive Matte Silver dan Exclusive White. Skutik premium 150cc ini sudah bisa dipesan sekarang dan akan hadir di awal April nanti.



Honda mengklaim konsumsi BBM Vario 150 cc mencapai 46,9 km/liter dengan metode perhitungan konsumsi BBM ECE R40 Euro3 dan dapat mencapai top speed 105 km/jam. Angka konsumsi BBM ini disebut Honda terbaik di kelasnya berkat penggunaan fitur Idling Stop System (ISS).

Sementara untuk Honda Vario 125 cc, dengan metode perhitungan yang sama mendapatkan hasil yang lebih baik yakni 51,7 km/liter dengan metode ECE R40.

(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed