Sabtu, 17 Feb 2018 13:19 WIB

Ternyata Ini Alasan Tombol Klakson Motor Honda Terbalik

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Saklar sebelah kiri Honda BeAT Street. Foto: Rangga Rahadiansyah Saklar sebelah kiri Honda BeAT Street. Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Otolovers pengguna motor Honda? Coba cek deh di saklar sebelah kiri posisi antara tombol klakson dan saklar lampu seinnya tidak seperti motor lain. Yup, tombol klakson dan saklar lampu sein motor Honda ditukar posisinya.

Kalau biasanya urutan saklar sebelah kiri di sepeda motor lainnya dari atas ada saklar lampu jauh-dekat, di tengah ada saklar lampu sein, dan di bawah ada saklar klakson. Tapi di motor Honda, posisi saklar lampu sein ada di bawah, sementara tombol klakson di tengah.



Instruktur Safety Riding Astra Honda Motor (AHM), Hendrik Ferianto, memberikan bocorannya. Menurutnya, itu didesain agar pengendara sepeda motor tidak terlalu mengandalkan klakson, apalagi untuk intimidasi pengendara lain.

"Ada yang namanya fungsi jari. Secara fungsi, orang akan lebih nyaman meletakkan jarinya ke saklar paling bawah. Karena tombol klakson dulu ada di bawah, pengendara merasa nyaman meletakkan jari itu, jadinya apa-apa klakson, sedikit-sedikit klakson," kata Hendrik kepada detikOto.



"Jadi tujuannya diubah supaya kita habit-nya itu berubah. Ini adalah suatu bentuk visioner Honda untuk mengubah habit masyarakat kita untuk menggunakan klakson. Karena kalau klakson di bawah secara fungsional tangan lebih mudah dijangkau. Sehingga dia refleknya adalah mencet klakson terus," sambungnya.

Hendrik mengatakan, kadang malah ada orang yang salah proses mengoperasikan klakson dan sein. Ketika mau belok, misalnya, ada orang yang pencet klakson dulu baru sein. Proses seharusnya adalah menyalakan lampu sein dulu, baru klakson.



"Pertanyaan saya sederhana, pernah ada kasus mencet klakson jadi susah nggak? Nggak ada kan? Itu cuma karena habit. Jadi kalau mau apa-apa jangan klakson mulu. Macet dikit klakson. Nah sekarang (karena posisi klakson dan sein dibalik oleh honda) pakai klakson nggak semudah dulu, agak ribet jari ke atas dikit. Sehingga orang lama-lama yang tadinya apa-apa klakson jadi nggak klakson mulu," sebut Hendrik.

"Klakson itu untuk mendahului, atau untuk memberi peringatan bahaya. Jadi kalau klakson di saat macet, saat lampu merah, itu nggak beretika," sambungnya. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed