Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 10 Juli 2017, 17:50 WIB

Banyak Motor Lawan Arus, Ini Tanggapan Polisi

Dina Rayanti - detikOto
Banyak Motor Lawan Arus, Ini Tanggapan Polisi Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Pengendara motor di Jakarta masih banyak yang berkendara tak sesuai dengan aturan. Seperti misalnya yang terjadi belum lama ini yang terekam dalam sebuah akun instagram dan menjadi viral.

Dalam video tersebut terlihat puluhan pengendara motor memutar balik di atas Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca. Memang sepeda motor tak boleh melintas di atas JLNT karena ada rambu yang melarang sepeda motor lewat di atas jalan itu.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri, Brigjen (Pol) Chrysnanda Dwilaksana mengatakan pelanggaran masih akan terus dilakukan pelanggar selama cara berpikir masyarakat soal melanggar lalu lintas belum diubah.

"Infrastruktur, pendidikan, sistem pengawasaan dan penegakkan hukum merupakan satu rangkaian sistem untuk merubah mind set warga masyarakat dalam berlalu lintas," ungkap Chrysnanda saat dihubungi detikOto, Senin (10/7/2017).

"Pembangunan infrastruktur yg membatasi kesempatan pengguna jalan untuk melanggar. Semakin besar peluang atau kesempatan melanggar pasti akan digunakan untuk melanggar. Karena manusia kecenderunganya memilih yang enak yang praktis anyg gampang walaupun membahayakan keselamatan dirinya ataupun orang lain," lanjutnya.

Menurutnya, pendidikan yang cukup merupakan satu-satunya solusi agar masyarakat bisa lebih tertib berlalu lintas tanpa harus dirazia terlebih dahulu.

"Tahapanya adalah tahu, memahami, bisa memanfaatkan dan mampu mengembangkan. Hal ini tercermin dalam perilaku berlalu lintas. Tahu namun belum memahami tentu jangan diharap, bisa melakukan apalagi menumbuhkembangkanya," tutur dia. (dry/lth)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed