Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 10 November 2010, 15:02 WIB

Pasang Sliding Door di Avanza

- detikOto
Pasang Sliding Door di Avanza
Jakarta - Mobil MPV dengan pintu geser (sliding door) yang otomatis terbuka tentu menambah aura kemewahan mobil itu sendiri.

Mobil MPV yang belum dilengkapi sliding door, sebut saja Toyota Avanza atau Xenia, atau Suzuki APV.

Nah bagi Anda yang ingin memasang sliding door di Avanza atau mobil lainnya biasanya ada merasa bingung bagaimana cara mengaplikasikan teknologi pintu tersebut seperti halnya sliding door pada Honda Freed, Toyota Alphard atau Toyota Noah.

Nah, detikOto ingin mengulasnya untuk kebutuhan Anda yang satu itu. Perlengkapan yang harus disiapkan adalah rel dan tentunya motor penggerak. Anda bisa memilih rel dan motor sesuai budget yang anda punya.

Jika Anda memiliki dana lebih tidak ada salahnya jika memilih rel dan motor penggerak milik MPV Toyota Alphard hasil rekondisi. Komponen tersebut dijual bebas di toko onderdil salah satunya Kemayoran. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp 10 juta -15 juta.

\\\"Kalau budget untuk beli rel dan motor agak banyak, pengguna bisa menggunakan rel dan motor copotan milik Alphard. Sekitar Rp 10-Rp 15 juta,\\\" kata Iyang pemilik rumah modifikasi Auto Arizona di jalan Kayu Manis, Condet, Jakarta Timur, Rabu (10\/11\/2010).

Namun menurut Iyang, jika dana sedikit Anda bisa menggunakan rel dan motor penggerak milik Honda Freed rekondisi atau juga yang paling murah rel milik Daihatsu Espass. Harganya pun relatif terjangkau yakni Rp 5 juta - Rp 6 juta.

\\\"Rel dan motor asli Freed bisa menjadi alternatif kedua. Dan yang paling murah rel milik Espass,\\\" ucap Iayng.

Khusus untuk rel bawaan Daihatsu Espass, Anda harus menambahkan motor penggerak. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp 1,5 juta-Rp 2,4 juta untuk merek Tmoti.

Tinggal pilih menggunakan rel dan motor penggerak Alphard Rp 10-Rp 15 juta plus tambah ongkos kerja sekitar Rp 20 juta, rel dan motor penggerak Honda Freed Rp 6 juta dengan ongkos kerja sekitar Rp 11 juta atau rel Espass plus motor penggerak merek Tmoti dengan mengeluarkan dana Rp 6 juta - Rp juta dengan ongkos kerja.

Langkah selanjutnya adalah melucuti engsel pintu kiri dan kanan. Soalnya, komponen itu tidak perlukan lagi. Jika Anda tidak ingin pusing mengenai pintu yang akan digunakan, Anda bisa mempertahankan kedua pintu mobil MPV.

Selanjutnya copot kedua pintu. Ritual sebelum melekatkan rel pada posisi bodi tengah mobil alangkah baiknya Anda membentuknya dengan spidol.

Jika tidak, presisi pintu tidak akan pas. Kemudian atur (coak) bodi mobil untuk bisa menyematkan rel.

Usahakan presisi pintu benar-benar terjaga antara atas dan bawah agar pintu tertutup dengan sempurna.

Jika urusan rel sudah selesai, barulah memikirkan posisi motor penggerak. Agar terlihat sempurna, Iyang sang modifikator menyarankan motor penggerak diletakkan di bawah belakang pilar B.

Pasang motor penggerak plus besi sebagai pengait pintu. Nah, untuk masalah kelistrikan bisa ditempatkan sesuai keinginan Anda. Bisa di bagian dashboard atau juga hanya di pintunya saja. Dengan itu mobil Anda pun kini pintunya bisa terbuka otomatis.

(ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed