Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 20 Februari 2018, 09:41 WIB

Modifikator PCX Minta Maaf, Salah Taruh Logo Knalpot Akrapovic di Motor Launching

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Modifikator PCX Minta Maaf, Salah Taruh Logo Knalpot Akrapovic di Motor Launching Modifikator PCX Minta Maaf, Salah Taruh Logo Knalpot Akrapovic di Motor Launching Foto: Pool (Facebook)
Jakarta - Saat peluncuran Honda PCX beberapa waktu lalu, selain model standar Astra Honda Motor (AHM) juga memamerkan PCX modifikasi. Honda PCX modifikasi itu dikerjakan oleh bengkel Baru Motor Sport (BMS).

Namun, baru-baru ini salah satu modifikasi PCX yang dipajang tersebut disoroti di bagian knalpotnya. Sphinx Motorsport sebagai distributor knalpot Akrapovic dalam akun Facebook-nya menyatakan bahwa knalpot yang digunakan PCX modifikasi itu bukan knalpot resmi dari Akrapovic. Padahal, di knalpot itu terdapat logo Akrapovic.

"Kami selaku distributor resmi Akrapovic di Indonesia menyatakan bahwa knalpot yang digunakan saat launching Honda PCX 150 oleh AHM Indonesia ini BUKAN produk asli Akrapovic - made in Slovenia," tulis Sphinx Motorsport di Facebook.

Ariawan selaku penggawa bengkel BMS yang memodifikasi motor itu mengklarifikasinya. Dia menyatakan terjadi kesalahan pemasangan logo dalam proses modifikasi motor tersebut. Ari--begitu dia akrab disapa--meminta maaf kepada pihak terkait karena kelalaian timnya.

"Masalah proyek PCX ini murni kesalahan dari bengkel BMS. Kita lalai. Karena posisi waktu ngambil motor itu tanggal 31 Januari, akan dipergunakan untuk launching tanggal 7 Februari. Pas 31 Januari itu diambil motornya kurang lebih setengah 6 pagi. Peraturan dari Honda, baik internal Honda bahkan kita yang modif pun tidak boleh ambil foto. Jadi biasanya motor itu sebelum diberangkatkan kita cek sama-sama. Karena pas motor diambil pagi, jadi kita tidak ngecekin. Dan karyawan tidak diizinkan untuk ambil foto sedikitpun. Jadi foto-fotonya ngga ada. Kita mulai dapat foto itu pas tanggal 7 Februati, pas event launching. Kita sadar ternyata ada salah penempelan logo knalpot. Knalpot itu tertulis Akrapovic," kata Ari menjelaskan kepada detikOto, Senin (19/2/2018) malam.

Ari pun mengajukan permohonan maaf kepada Sphinx Motorsport sebagai distributor knalpot Akrapovic di Indonesia. Ari juga meminta maaf kepada AHM karena kelalaiannya.

"Kita sudah melakukan tahap demi tahap. Termasuk menelepon pihak Sphinx Motorsport atau Akrapovic Indonesia, saya mengajukan permohonan maaf secara personal bahwa ini tidak ada unsur kesengajaan. Ini benar-benar pure kesalahan karena kelalaian dalam bekerja," sebut Ari.

"Yang kedua kita sudah bikin surat pernyataan ke Honda atau surat permohonan maaf ke PT AHM bahwa ada kelalaian oleh BMS. Ketiga kita menulis surat kronologi kejadian ke AHM. Jadi semua yang dibutuhkan oleh AHM sudah kita penuhi. Ya namanya manusia biasanya kerja ada salahnya. Dan ini lah salahnya kita. Kita lalai dalam mengecek ulang," sebut Ari.

Ari juga menegaskan, knalpot yang digunakan di PCX itu adalah knalpot asli dari Yoshimura. Hanya saja, dia dan timnya salah menaruh logo Akrapovic bukan Yoshimura saat proses modifikasi.

"Itu bukan knalpot Purbalingga or lokal-lokal (knalpot imitasi) pastinya. Itu saya beli dari Amerika. Ke Honda juga sudah saya klarifikasi dan saya sertakan invoice pembeliannya. Tetapi banyak netizen beranggapan bukan knalpot original Yoshimura. Nah untuk hal ini saya memang bukan orang sangat expert di bidang racing dan performance part. Saya kan bagiannya modifikasi, mempercantik tampilannya menjadi lebih menarik. Jadi saya banyak source pembeliannya dari mana-mana kadang-kadang dari ebay, web-web online, dll. Untuk jenis-jenis tertentu yang sudah ada distributor resminya saya akan beli di tempat distributor setempat. Seperti kita gunakan di part PCX ini ada Ohlins, RCB dll," jelas Ari.


(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed