Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Sabtu 02 Desember 2017, 19:19 WIB

Pegal Saat Mengemudi Mobil Karena Macet, Ini Cara Mengatasinya

Ruly Kurniawan - detikOto
Pegal Saat Mengemudi Mobil Karena Macet, Ini Cara Mengatasinya Pegal Saat Mengemudi Mobil Karena Macet, Ini Cara Mengatasinya Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom
Jakarta - Layaknya sebuah tradisi, jika libur panjang tiba banyak dari kita memanfaatkannya untuk pergi berlibur bersama keluarga. Bahkan tidak sedikit dari Otolovers yang nekat melakukan perjalanan panjang mengendarai kendaraan, meski kemacetan kerap menemani perjalanan.

Disaat kemacetan melanda perjalanan pasti banyak dari Otolovers merasa lelah dan mengalami pegal pada disekujur tubuh. Jika memang seperti itu, sebenarnya ada satu cara agar pengendara tidak terlalu merasa pegal saat berkendara.

Seperti yang dikatakan Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, cara untuk mengatasi rasa pegal pada badan yaitu dengan memastikan posisi berkendara atau gaya berkendara harus baik dan benar.

Karena jika postur tubuh atau posisi berkendara ketika duduk saat berkendara sudah benar. Maka, sirkulasi udara dalam tubuh tetap lancar sehingga pengendara tidak akan mudah letih.

"Dalam kondisi itu (pegal karena macet) pastikan riding posture atau driving posture nya itu benar (sitting posture atau posisi duduk-Red). Karena, hal tersebut akan menjaga sirkulasi udara dalam tubuh dengan benar. Akhirnya, itu akan memperpanjang masa ketahanan kita dalam mengemudi," ucapnya ketika dihubungi detikOto di Jakarta, Sabtu (2/12/2017).

Bila hal tersebut sudah terjadi, lantas bagaimana cara mengusir rasa pegal ya? Masih dalam waktu yang sama, Jusri menyarankan sesekali lakukan stretching atau perenggangan otot-otot ketika jalanan sedang macet.

"Usahakan stretching apabila dalam keadaan maju berhenti maju berhenti (macet). Beberapa kali coba lonjorkan kaki atau tangan memegang kursi bagian belakang. Itu membantu menghilangkan kepenatan sedikit," paparnya.

"Dan bila melihat rest area, langsung berhenti jangan ditunda. Pastikan safety ridingnya, jangan memaksakan diri," tutup Jusri. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +