Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 15 November 2017, 12:03 WIB

Mobil Terbakar Bisa Karena Aksesoris yang Kurang Bagus

Ruly Kurniawan - detikOto
Mobil Terbakar Bisa Karena Aksesoris yang Kurang Bagus Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Beberapa waktu lalu, sempat booming terkait fenomena mobil yang terbakar sendiri ketika sedang dalam keadaan diam atau dimatikan.

Awalnya di media sosial muncul isu mobil terbakar karena Powerbank, namun kemudian spekulasi lain muncul mulai dari soal kabel digigit tikus hingga pemasangan bagian kelistrikan tidak benar ketika sang pengguna mengganti audionya.

Mendengar hal itu, juara kontes modifikasi Honda Brio 2017 yang diakui oleh Honda Indonesia, Harpit mengatakan bahwa mungkin saja beberapa aksesoris penambah yang disematkan oleh si pengguna tidak sesuai dengan mobil.

"Mungkin pemasangan aksesoris tambahannya tidak proper ya, apalagi bila di bagian kelistrikan, itu rawan sekali," ujar Harpit saat berbincang dengan detikOto di sela-sela penobatannya sebagai King of Brio 2017, di Jakarta.

"Namun peristiwa ini sangat mengganjal sekali ya karena keadaannya mobil sedang diam. Kalaupun ada short atau korsleting, kemungkinan sampai meledak itu kecil kecuali memang penyakitnya sudah lama," lanjutnya.



Honda sudah melakukan pengecekan mobil namun belum menemukan penyebabnya. Namun untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, alangkah baiknya Otolovers yang ingin memodifikasi kendaraan apapun merk dan tipenya diharapkan ditangani oleh orang yang sudah berpengalaman.

"Kalau bisa pergantian aksesoris (modifikasi) itu di bengkel yang telah direkomendasikan dan memang terpercaya. Yang sudah lama bergerak di sana. Karena segala bentuk modifikasi itu aman kok asalkan dikerjakan dengan proper dan orang yang ahli (teliti)," ujar Harpit. (ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed