Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 05 September 2017, 15:48 WIB

Indonesia Automodified

Honda CR-Z Super Street

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Honda CR-Z Super Street Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta -

Mobil sport hybrid buatan Honda, CR-Z, dari tampilan standarnya saja sudah bikin orang klepek-klepek. Tapi Albara Titan ingin berbuat yang lebih. Mobil Jepang itu dimodifikasi dengan konsep Super Street.

"Pilih super street karena yang street racing sudah biasa. Ini mobil dulu tahun 2010 inden langsung dari Jepang, buku panduannya saja masih bahasa Jepang, masih rakitan Jepang, cerita pria muda asal Singaparna, Tasikmalaya ini kepada detikOto.

Agar mobil terlihat lebih garang, dia meminta bengkel H20 Body Work di Bandung untuk memodifikasi mobil. detikOto langsung ngobrol dengan bos bengkel H20, Yosef Bee. Yosef mengatakan dari luar bodinya terinspirasi dari mobil-mobil balap GT. Terutama pada sayap belakang yang terbuat dari karbon.

Honda CR-Z Super Street Foto: Dadan Kuswaraharja


Bodi kit pun dibuat lebih ringan dengan 3 kali pengerjaan agar meski dimodifikasi, untuk penggunaan sehari-hari tidak terganggu karena bobot bodi kit yang berat.

"Yang pertama kita modelling dulu, kedua buat moulding negatif, yang ketiga kita cetak hasilnya. Bodi depan bobotnya sekitar 3-5 kg, belakang 1,5 kg, samping 3 kg, jadi total sekitar 40 kg. Biasanya bodi kit sebuah mobil total bobotnya 140 kg, nah kita enggak mau seperti itu, jadi pengerjaannya tiga proses tadi," ujar Yosef.

Setelah bodi kit selesai, mobil diberi warna black passion matte doff. "Warna dof ini bukan dari catnya tapi dari pernisnya, jadi warnanya lebih legam, beda dengan warna dof dari catnya," ujarnya.

Honda CR-Z Super Street Foto: Dadan Kuswaraharja


Untuk kaki-kaki, mobil menggunakan pelek 18 inci baik depan dan belakang. Bannya pun harus inden dari Jepang, karena ban yang dipakai adalah ban Nito yang khusus balap. Shock breaker menggunakan hot bits racing. "Setingannya naik turun 7-8 cm," ujarnya.

Honda CR-Z Super StreetHonda CR-Z Super Street Foto: Dadan Kuswaraharja


Melihat ke interior, Yosef memasang jok Bride Kuga karbon dengan bahan dari MBtech warna beige. Warna ini berubah dari warna standar mobil yang tadinya hitam. Jok hanya ada dua karena baris belakang habis untuk memasang audio.

Honda CR-Z Super StreetHonda CR-Z Super Street Foto: Dadan Kuswaraharja


"Audionya pakai head unit Galaxy Tab 12 inci, Venom power 4 channel, 2 buah monoblock, speaker Venom 8 inci dan ground zero dengan speaker split Venom," ujarnya.

Agar memperkuat kesan sporty, di kabin mobil dipasang karpet bordes. Bagaimana dengan mesin? Pastinya ada perubahan. Yosef menambahkan turbo kit yang didatangkan dari Inggris. "Satu setnya Rp 70 juta, dipasang di Signa, tenaga mobil yang tadinya 130 hp naik jadi 192 hp. Ada full exhaust juga dengan turbo," ujarnya.

Model berpose dengan Honda CR-Z Super StreetModel berpose dengan Honda CR-Z Super Street Foto: Dadan Kuswaraharja


Sangar ya?

Total selama 3 bulan pengerjaan, Albara Titan harus mengeluarkan kocek sebesar Rp 300 juta untuk modifikasinya. "Bannya saja Rp 6 juta, rem sudah Rp 70 juta," ujar Yosef.

Kerja keras Yosef pun terbayar. Mobil modifikasi dia menjadi salah satu King Nominee dan berhak mendapatkan hadiah Rp 2 juta di kontes Indonesia Automodified MBtech, di Bandung.



------

Otolovers memiliki motor dan mobil modifikasi serta ingin mejeng di detikOto, langsung saja kirim gambar mobil/motor Anda, sertakan komponen-komponen apa saja yang diubah.

Klik di sini untuk mengirim foto mobil atau motor Anda. Usahakan foto dalam format landscape (hindari portrait) dengan rasio 16:9 agar foto bisa disajikan dengan utuh.

(ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed