Senin, 24 Sep 2012 14:24 WIB

Dahlan Iskan Segera Tancap Gas Mobil Listrik Super

- detikOto
Jakarta - Awal Oktober nanti, Menteri BUMN Dahlan Iskan siap menjajal prototipe mobil listrik 'Ferrari' made in Yogyakarta. Mobil listrik ini sudah lama dinanti oleh Dahlan, bahkan sempat molor dari rencana semula.

Dahlan mengaku, mobil Ferrari berwarna merah karya Danet Suryatama tersebut hampir sempurna pengerjaannya. Bahkan setelah selesai, Dahlan siap menjajalnya di Jakarta.

"Awal bulan (Oktober) sudah ada disini," kata Dahlan saat ditemui di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (24/9/2012).

Sebelumnya mobil listrik mirip 'Ferrari' ini sempat tertunda penyelesaiannya karena baterainya tertahan lama di Pelabuhan Tanjung Priok. Dahlan menjelaskan, akan berkunjung ke Yogyakarta untuk memastikan pengerjaan mobil seharga Rp 1,5 miliar itu.

"Minggu depan saya kesana lagi untuk terakhir kali," imbuhnya.

Mobil ini didesain oleh Danet Suryatama dan dikerjakan bodinya di sebuah bengkel modifikasi Kupu-kupu Malam di Yogyakarta.

Danet Suryatama sendiri merupakan jebolan ITS yang kemudian bersekolah lagi di Michigan, AS. Dia 10 tahun bekerja di perusahaan mobil terkenal di Amerika, Chrysler.

Nama mobil listrik ini dalam bentuk konsep adalah Tucuxi. Belum diketahui apa arti dari nama ini. Penelusuran singkat di Google, Tucuxi adalah nama lumba-lumba yang ditemukan di Amazon dan bagian lain dari Amerika Selatan.

Baterai kendaraan listrik ini akan memiliki minimal jarak jelajah 321,8 km setiap kali mengisi baterainya dengan penuh. Tubuh mobil ini akan dibuat dari bahan serat karbon yang kuat namun ringan bila dibanding bahan konvensional lain.





(hen/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed