Ini Mobil Listrik Ngebut Setara dengan 1.000 Metric Horsepower

M Luthfi Andika - detikOto
Sabtu, 21 Mei 2022 11:33 WIB
Porsche 718 Cayman GT4 ePerformance
Mobil balap listrik Porsche 718 Caymen GT4 ePerformance Foto: Pool (porsche/autoevolution)
Jakarta -

Jos, mobil listrik makin menunjukkan tajinya bahwa mereka tidak bisa diremehkan. Sekarang giliran Porsche yang mulai memperkenalkan mobil listrik super ngebut.

Eits, tapi jangan salah ya mobil listrik yang diperkenalkan Porsche ini bukanlah mobil listrik yang dijual bebas. Melainkan mobil balap yang memang dilahirkan untuk bisa mengikuti ajang kompetisi mobil balap listrik.

Dikutip dari Autoevolution, mobil listrik Porsche saat ini tengah diuji dan mendapat slogan Mission R, yang semuanya dipersiapkan untuk balap. Mobil balap Porsche listrik ini dibangun di atas platform 718 Cayman GT4 ePerformance.

Mobil balap Porsche listrik ini mengusung motor listrik dan baterai hasil dari penelitian yang dilakukan IAA Conceptua Study, yang mampu mencapai performa 735 kW atau setara 1.000 Metric Horsepower.

Demi mendapatkan bobot yang ringan mobil listrik ini menggunakan bodi dari fiber dan lebih lebar 14 centimeter dibandingkan mobl balap lainnya. Sehingga mampu membuat mobil listrik ini menyemburkan 612 metric tenaga kuda hanya dalam 30 menit.

Berkat teknologi Permanently Excited Synhronous Machne (PESM) yang meletakkan motor listrik pada bagian depan dan masing-masing roda belakang, saat mesin ini berkolaborasi mobil ini mampu menyemburkan 1.088 matric horsepower. Selanjutnya juga dijelaskan untuk bisa membuat dingin motor listrik, baterai diberikan pendingin sehingga akan tetap dingin meski saat balap sekalipun.

Porsche 718 Cayman GT4 ePerformancePorsche 718 Cayman GT4 ePerformance Foto: Pool (porsche/autoevolution)

Dikatakan mobil balap Porsche ini akan mengusung baterai 900 volt dan hanya butuh waktu 15 menit untuk bisa mencapai kapasitas baterai 80 persen.

"718 Cayman GT4 ePerformance telah menunjukkan visi perusahaan untuk menunjukkan keseriusan Porsche dalam dunia balap, dan telah menunjukkan performa terbaik di track," ucap Porsche GT Racing Vehicle Project Manager, Matthias Scholz.

Porsche 718 Cayman GT4 ePerformancePorsche 718 Cayman GT4 ePerformance Foto: Pool (porsche/autoevolution)


Simak Video "Pedas! Porsche Luncurkan 911 Chili Khusus Pasar Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)