Ada Kerusakan di Pintu Geser, Kia Recall Ribuan Unit MPV Carnival

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Jumat, 03 Des 2021 10:17 WIB
Logo Kia
Kia melakukan kampanye penarikan (recall) untuk model MPV Kia. Foto: Kia
Jakarta -

Produsen otomotif Kia harus melakukan penarikan kembali terhadap ribuan unit mobil Kia Carnival di Amerika Serikat. Hal ini disebabkan karena masalah pada pintu penumpang jenis geser, yang bisa dibuka namun tidak bisa ditutup secara rapat.

Dikutip dari Carscoops, Kia mengungkapkan jika terdapat kerusakan pada sliding door atau pintu geser penumpang di mobil MPV tersebut. Faktor ini menyebabkan pintu yang tadinya sudah terkunci namun bisa terbuka secara mendadak.

Pabrikan asal Korea Selatan ini menyatakan jika komponen yang dibuat oleh pemasok kemungkinan memiliki kualitas yang kurang baik. Alhasil, sejumlah unit Carnival yang dijual di AS mengalami cacat produksi.

Apabila pintu terbuka, Kia menemukan bahwa empat notifikasi peringatan akan berbunyi jika pintu tidak ditutup dengan benar dan mobil dalam keadaan melaju.

Jika pemilik mobil mengabaikan peringatan dan mobil terus melaju hingga kecepatan di atas 10 km per jam, bunyi suara peringatan akan semakin keras serta muncul pemberitahuan lampu peringatan menyala pada bagian panel instrumen, yang menandakan jika pintu belum tertutup sempurna.

Kia Sedona/Carnival Generasi TerbaruKia Carnival Foto: Dok. Kia

Atas kasus ini, total sebanyak 2.956 unit Kia Carnival yang tersebar di Amerika Serikat produksi antara tanggal 28 Juli hingga 14 Oktober 2021 harus ditarik kembali.

Bagi pemilik mobil yang terdampak, Kia akan menyampaikan informasi melalui surat elektronik mulai 16 Desember 2021. Selain itu, perusahaan akan menginstruksikan kepada konsumen untuk segera membawa mobil ke bengkel resmi, agar perangkat bisa diganti dengan yang baru dan telah memenuhi spesifikasi.

Ini bukan kali pertama Kia Carnival harus ditarik kembali dari peredaran. Enam bulan sebelumnya, perusahaan melakukan recall sebanyak 2.744 unit Kia Carnival di AS karena ditemukan kerusakan pada bagian fuel rail tube.

(lua/din)