Bocoran Inovasi-Layanan yang Tengah Dikembangkan Hyundai, Apa Saja?

Angga Laraspati - detikOto
Senin, 29 Nov 2021 21:24 WIB
Foto siluet Hyundai Creta
Foto: Dok. Hyundai Motors Indonesia (HMID)
Jakarta -

Hyundai Motors Indonesia bakal menghadirkan beberapa layanan inovatif yang semakin memanjakan pelanggannya. Layanan ini dinilai menggambarkan visi Hyundai dalam hal pengembangan kendaraan di masa depan.

Salah satu layanan yang dikabarkan bakal muncul adalah Build to Order. Layanan ini juga sudah diperkenalkan pada mobil terbaru Hyundai yaitu Hyundai CRETA. Mobil yang dirancang di pabrik Indonesia ini sudah didukung oleh layanan My Own CRETA.

Dengan layanan ini, pelanggan dapat membangun CRETA-nya sendiri. Hyundai pun memberikan 10 berbagai pilihan menarik bagi pelanggannya ketika membeli Hyundai CRETA. Ada 10 pilihan paket fitur dan hingga 10 warna eksterior, 2 (dua) warna interior, dan 3 (tiga) jenis Radiator Grille atau Daytime Running Light.

Semua pilihan tersebut akan membuka jalan ke lebih dari 9.000 kombinasi CRETA, sehingga pelanggan bisa mendapatkan mobil yang paling sesuai dengan kepribadian mereka sendiri.

My Own Creta yang juga menjadi layanan Built to Order dari Hyundai ini menjadi pendekatan baru yang memberikan pengalaman mengendarai Hyundai yang lebih berarti bagi pelanggan. Usai Hyundai CRETA, besar kemungkinannya skema inovatif ini akan dieksplorasi dalam model lain di masa depan.

Hyundai juga tengah mengembangkan fitur Bluelink yaitu sebuah fitur yang memungkinkan pengendara terhubung dengan mobil mereka melalui perangkat pintar. Bluelink juga menyediakan fungsi keselamatan dan jarak jauh.

Bluelink saat ini juga masih dalam tahap pengembangan dan salah satu kendaraan yang diuji cobakan memakai Bluelink lagi-lagi adalah Hyundai CRETA. Lewat layanan ini pengguna dapat dengan mudah terhubung dengan kendaraannya.

Bluelink akan membantu menyederhanakan kehidupan dan memberikan kenyamanan bagi pelanggan Hyundai karena hanya dengan menekan tombol pelanggan bisa mengatur semua fitur yang ada pada kendaraan.

Kemudian, Hyundai juga mengembangkan teknologi self-driving pada jajaran andalannya yang memungkinkan pengemudi untuk mengotomatisasi kendaraannya. Sebenarnya fitur otonom awal yang terintegrasi ke dalam fitur Hyundai ini juga sudah diterapkan pada produk Hyundai di Indonesia.

Produk tersebut termasuk Forward Collision Avoidance Assist (FCAA), Blind-spot Collision Warning (BCW), Lane Keeping Assist (LKA) dan banyak fitur lainnya. Fitur self-driving yang bakal dikeluarkan oleh Hyundai ini patut ditunggu oleh pelanggan.

Untuk mendukung mobil listrik, Hyundai juga mengembangkan lebih dari 100 charging station dan baru-baru ini Hyundai mendirikan sebuah pabrik sel kendaraan listrik. Pabrik sel baterai baru tersebut dibangun di atas sebidang tanah seluas 330.000 meter persegi.

Pembangunan pabrik ditargetkan akan selesai pada paruh pertama 2023 dan produksi massal sel baterai di fasilitas baru ini diperkirakan akan dimulai pada paruh pertama 2024.

Hyundai juga punya SPOT, sebuah robot 4 kaki yang mampu melakukan beberapa atraksi. Robot ini menggambarkan sekilas transformasi strategis Hyundai sebagai Smart Mobility Solution Provider.

Walau robot ini masih di tahap pengembangan yang lebih matang, tapi SPOT sudah menyapa masyarakat Indonesia pada gelaran GIIAS kemarin.

Hyundai kemudian disebut akan membuat transportasi dalam kota atau Urban Air Mobility. Kendaraan ini mampu untuk mendukung mobilitas di dalam kota yang cara pengoperasiannya sama seperti helikopter.

Memang belum dipastikan kapan tepatnya layanan dan inovasi terbaru ini diluncurkan, namun beberapa di antaranya sudah dibocorkan oleh Hyundai dan juga sudah dijual di pasaran. Salah satunya yaitu 2 mobil elektrik flagship yang ada pada Hyundai, yaitu KONA Electric dan IONIQ Electric. Keduanya bahkan sudah menjajal aspal beberapa kota di Indonesia.

Baru-baru ini juga, Hyundai mengeluarkan facelift dari KONA Electric yang punya model lebih futuristik dan juga fitur yang lebih mumpuni. Nantinya, Hyundai dikabarkan bakal memproduksi mobil yang berbahan bakar elektrik murni.

Layanan hingga inovasi terbaru dari Hyundai wajib ditunggu karena di masa depan layanan serta inovasi ini mampu membuat ekosistem yang lebih baik dengan terobosan elektrifikasinya.

Untuk info lebih detail soal inovasi dari Hyundai bisa melihatnya di media sosialnya Hyundai di Instagram, Twitter, Facebook dan juga YouTube. Bisa juga dengan melihatnya di tautan berikut ini.



Simak Video "Rush-Terios Mesti Waspada, Hyundai Pastikan Creta Dijual-Diproduksi di RI"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)