Konsep Honda N7X Jadi Calon Low SUV Buatan Indonesia, Lebih Besar dari BRV

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 03 Mei 2021 18:31 WIB
Konsep Honda N7X
Honda N7X. Foto: Dok. HPM
Jakarta -

PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan mobil konsep terbaru yang merupakan calon low SUV 7-seater terbaru Honda. Mobil konsep itu bernama New 7 Seater eXcitement atau N7X.

Mobil konsep N7X dirancang dan dikembangkan oleh Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd., berdasarkan studi ekstensif dari konsumen di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Honda menyebut, konsep N7X menggabungkan keunggulan Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Sport Utility Vehicle (SUV) untuk menciptakan mobil 7-seater yang lengkap untuk digunakan di berbagai kondisi jalan. Menawarkan performa berkendara yang menyenangkan khas Honda, N7X Concept memadukan kenyamanan premium dan kelapangan khas dari MPV dengan ketangguhan dan gaya sebuah SUV.

Dari tampak luar, N7X Concept menampilkan bodi yang ramping dengan garis yang tajam, kap mesin yang kokoh dan ban berukuran besar. Dipersembahkan untuk keluarga generasi X, mobil konsep ini dirancang untuk memberikan kebanggaan dan kesenangan untuk penggunanya, sekaligus mendukung gaya hidup yang seimbang antara aktivitas pribadi dan kebersamaan keluarga.

"N7X adalah konsep kami tentang bagaimana seharusnya sebuah mobil 7-seater, yang tidak hanya menawarkan performa berkendara yang menyenangkan tetapi juga ketenangan dan kenyamanan sebuah mobil premium untuk seluruh penumpangnya. Kami sangat bangga menjadikan Indonesia sebagai yang pertama di dunia untuk memperkenalkan N7X Concept, sebuah konsep yang akan mendefinisikan ulang mobil di kategorinya dan juga kesenangan berkendara," kata Takehiro Watanabe, President Director PT Honda Prospect Motor, Senin (3/5/2021).

Konsep Honda N7XKonsep Honda N7X Foto: Dok. HPM

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, konsep Honda N7X terinspirasi dari mobil tujuh penumpang yang menggabungkan kenyamanan MPV dan ketangguhan serta gaya khas SUV. Menurut Billy, konsep ini cocok untuk mengisi segmen low SUV tujuh penumpang.

"Karena concept car ini dirancang dan di-develop untuk masyarakat Indonesia, di mana tren LSUV tengah meningkat. Bulan kemarin sampai Maret LSUV 23% kontribusinya," ujar Billy dalam sesi konferensi pers peluncuran konsep Honda N7X secara virtual, Senin (3/5/2021).

Menurutnya, secara dimensi konsep Honda N7X ini juga cocok di kelas LSUV. Apalagi, segmen LSUV sedang meningkat, bahkan melebihi low MPV.

"Kalau kita lihat dari 7-seater seperti ini, dulu banyak masukan dari Mobilio, BR-V seperti apa. Makanya sekali lagi kita melakukan riset dan studi yang mendalam untuk concept car. Mobil ini saat ini tidak mengacu apakah akan menjadi model tertentu. Segmennya memang kalau dilihat seperti LSUV, karena masih dalam light SUV belum sebesar mobil CR-V. Karena segmen LSUV itu terus naik. Coba kita lihat data Gaikindo, sampai Maret itu sudah lebih dari 20%. Dan LMPV 19%, (LSUV) sudah mengalahkan LMPV. Karena trennya pindah ke LSUV sekarang," kata Billy.

Konsep Honda N7XKonsep Honda N7X Foto: Dok. HPM

"Dimensinya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Kalau buat pembanding, jika dibandingkan dengan current BR-V atau Mobilio, ini lebih besar, lebih tinggi, lebih panjang," ungkap Billy.

Billy memang tidak bisa membeberkan lebih lanjut soal rencana produksi massal Honda N7X. Namun, dia mengatakan mengingat N7X dikembangkan dan diluncurkan pertama kali di Indonesia, ada potensi mobil ini akan diproduksi secara massal di Indonesia.

"Kita tunggu saja nanti di GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) mendatang kami akan menyajikan excitement," ucap Billy membocorkan informasi kemungkinan peluncuran N7X versi produksi massal di GIIAS 2021.



Simak Video "Segini Ongkos Naik Bus Premium Double Decker"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)