Land Rover Ini Antar Pangeran Philip ke Peristirahatan Terakhir

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 12 Apr 2021 15:11 WIB
Mobil Ini Bakal Mengantarkan Pangeran Philip ke Peristirahatan Terakhir
Foto: Istimewa. Mobil Ini Bakal Mengantarkan Pangeran Philip ke Peristirahatan Terakhir
Jakarta -

Suami Ratu Inggris, Pangeran Philip meninggal dunia beberapa hari lalu. Proses pemakaman Pangeran Philip direncanakan digelar pada Sabtu (17/4/2021) mendatang.

Dikutip The Drive, menurut informasi dari Istana Inggris, Pangeran Philip telah mendesain Land Rover custom. Land Rover itu bakal digunakan untuk mengantarkan Pangeran Philip ke tempat peristirahatan terakhirnya di Frogmore Gardens.

Mobil jenazah yang akan mengantarkan Pangeran Philip diyakini merupakan sebuah Land Rover Defender 130 Gun yang telah dimodifikasi. Mobil itu dikirim ke istana pada tahun 2016. Land Rover Defender lainnya disiagakan sebagai cadangan.

"Kami baru saja mengirimkan 130 Defender Gun Bus yang telah dibangun kembali untuk Duke of Edinburgh (Pangeran Philip) untuk digunakan di salah satu Estates," tulis Foley Specialist Vehicle pada 2016. "Dibangun sesuai spesifikasinya dengan Deep Bronze Green. Dibuat di atas sasis galvanis dan bodi belakang buatan tangan."

Digunakan oleh Angkatan Darat Inggris, Land Rover Defender 130 Gun Bus memiliki berbagai fungsi militer. Ini adalah kendaraan besar dengan variasi dan opsi potensial yang tak terhitung banyaknya.

Sementara itu, Land Rover sendiri sebagai merek asal Inggris telah memiliki hubungan jangka panjang dengan keluarga kerajaan. Ayah Ratu Elizabeth, George IV, misalnya, dihadiahi Land Rover ke-100 pada tahun 1948.

Pada tahun 2016, Ratu dan Pangeran Philip berparade melalui Windsor dengan sebuah Range Rover. Bukan hal yang aneh melihat anggota keluarga kerajaan mengendarai tanpa sabuk pengaman juga. Pangeran Philip tidak mengenakannya pada tahun 2019 ketika dia mengendarai Land Rover LR2 (Freelander).

Pangeran Philip pernah terlibat dalam kecelakaan lalu lintas di sebuah persimpangan, 160 kilometer sebelah utara London pada 2019 lalu. Beruntung, Istana Buckingham menyatakan Pangeran Philip tidak mengalami cedera saat itu.

Kala itu Pangeran Philip mengendarai Land Rover Freelander sendirian. Mobil bertabrakan dengan sebuah Kia yang ditumpangi 2 orang perempuan dan satu bayi laki-laki.

Perempuan yang juga terlibat tabrakan sempat diperiksa di rumah sakit. Sang pengemudi menderita luka gores, sedangkan penumpangnya mengalami cedera tangan, sementara sang bayi tidak mengalami luka.

Beberapa saksi mata menyaksikan mobil Pangeran Philip terguling dan mereka membantu pria itu keluar dari kendaraan. Mereka mengatakan Pangeran Philip sadar, tapi sangat terguncang.



Simak Video "Kepulauan Falkland Gelar Upacara Penghormatan untuk Pangeran Philip"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)