Komunitas Pajero Sport Sosialisasikan 4 Pilar MPR dengan Cara Nyentrik

Abu Ubaidillah - detikOto
Minggu, 07 Mar 2021 13:54 WIB
MPR
Komunitas Pajero Sport sosialisasikan 4 pilar MPR. Foto: dok. MPR
Jakarta -

Sejumlah mobil Pajero Sport dengan tampilan nyentrik tampak terparkir di depan Gedung Nusantara III MPR. Dengan nuansa warna-warni, ditambah adanya stiker 4 Pilar MPR RI yang terpasang di bodi atau kaca, rupanya mobil-mobil tersebut mengemban misi nasionalis.

Mobil-mobil milik anggota komunitas Pajero Indonesia One tersebut berniat melakukan tour ke sejumlah lokasi di Pulau Bangka sekaligus menyosialisasikan 4 pilar MPR RI di sana. Mobil-mobil tersebut merupakan swadaya dari Pajero Indonesia One tanpa adanya sponsor pihak ketiga.

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo menyambut baik inisiatif yang dilakukan oleh komunitas Pajero Indonesia One. Menurutnya touring bertajuk Tour de Bangka ini bukan sekadar tamasya biasa, melainkan mengandung misi ekonomi, misi sosial, dan misi keteladanan.

"Misi sosial adalah bagaimana kita sepanjang jalan memberikan manfaat dengan berbagai bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan," ujarnya di halaman depan Gedung Nusantara III MPR/DPR/DPD RI, Minggu (7/3/2021).

Kemudian misi ekonomi berkaitan dengan tempat-tempat wisata yang nantinya akan dikunjungi, sehingga orang-orang tertarik untuk berwisata ke Bangka setelah melihat keindahannya. Lalu misi keteladanan adalah menunjukkan sikap mematuhi peraturan lalu lintas, menjaga sopan santun, dan apapun yang ditemui di jalan harus ringan tangan.

Branding 4 Pilar MPR RI & Pelepasan Peserta Tour de BangkaSalah satu mobil peserta Tour de Bangka Foto: Dok. MPR

"Dengan kegiatan touring-touring ini, inilah salah satu cara kita menjaga NKRI. Kita melintasi wilayah, melintasi batas, melintasi suku, agama, yang ada di pulau-pulau itu, di daerah-daerah itu, supaya tetap menyatu," ungkapnya lebih lanjut.

Menurutnya, tugas yang paling penting dalam bersafari atau touring ialah menjaga warisan para pendahulu yang telah mempersatukan suku, agama, bahasa, dan pulau-pulau, supaya tetap menyatu kini dan seterusnya.

Ketua Pajero Indonesia One, R. Wahyu Haryadi mengatakan sebagai komunitas Pajero Sport terbesar di Indonesia dengan jumlah sekitar 3.000 anggota, pihaknya bisa memberikan manfaat untuk bangsa dan negara ini. Kegiatan ini akan dimulai pada tanggal 10 Maret 2021.

"Kami berharap dengan kegiatan kami yang basic-nya sebagai touring dan bakti sosial bisa ikut mengkampanyekan (4 pilar MPR) ketika kami konvoi, berkunjung ke daerah-daerah," katanya.

Wahyu mengatakan ada sekitar 40 kendaraan dari Jawa yang menyeberang ke Sumatera. Kemudian dari Sumatera akan bergabung total 20 kendaraan lagi yang akan menyeberang ke Pulau Bangka. Selanjutnya di Bangka ada 25 kendaraan yang menunggu sehingga total yang akan ikut touring ini ada sekitar 85 kendaraan Pajero Sport.

(akn/lua)