Brio Asapi Avanza di Tahun 2020, Gara-gara Orang Khawatir Naik Angkot?

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 19 Jan 2021 06:59 WIB
Honda menggelar test drive Honda Brio di Bali
Honda Brio Foto: PT Honda Prospect Motor
Jakarta -

Pertama dalam sejarah, Honda Brio jadi mobil terlaris di Indonesia pada tahun 2020. Ya, jika mobil terlaris biasanya Low MPV seperti Avanza, kini berganti menjadi mobil city car dengan kapasitas 5-penumpang, Honda Brio.

Pada 2020, Honda Brio dan Suzuki Carry menggeser Avanza dari daftar mobil terlaris di Indonesia. City car Honda itu mampu terdistribusi sebanyak 40.879 unit berdasarkan data penjualan mobil secara wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Apa sebabnya?

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy menjelaskan kalau hal ini juga dipengaruhi karena pandemi covid-19, terjadi tren pergeseran mobilitas dari angkutan umum ke kendaraan pribadi.

"Dalam kondisi pandemi kami melihat adanya pergeseran dari masyarakat yang sebelumnya menggunakan transportasi umum kemudian beralih kendaraan pribadi, kondisi ini mendorong pertumbuhan pembeli mobil pertama atau fist time buyers untuk membeli mobil LCGC (low cost green car), di mana Honda Brio ada di dalamnya," ujar pria yang disapa Billy saat media gathering virtual, Senin (18/1/2021).

Selain itu orang tertarik membeli mobil Brio karena desain, biaya perawatan, dan efisiensi bahan bakar. Billy menambahkan mobil ini dibuat berdasarkan hasil survei kebutuhan masyarakat Indonesia, khususnya bagi para milenial, keluarga muda, dan pembeli mobil pertama.

"Brio Satya lebih dari 50 persen itu merupakan first time buyer, kalau untuk Brio RS itu kebanyakan dari model lain beli Brio RS," terang Billy.

Di sisi lain, kondisi pasar mobil city car dan LCGC tidak terlalu mengalami perubahan dibanding tahun sebelumnya. Billy menyebut, pasar yang diisi oleh Honda Brio itu menyumbang sekitar 23% penjualan mobil secara nasional.

Ia mengakui pasar low MPV memang turun. Berdasarkan data wholesales Gaikindo, low MPV milik Honda, Mobilio, terdistribusi sebanyak 5.668 unit.

Untuk tahun ini, Billy mengatakan pihaknya memprediksi pasar belum stabil sepenuhnya. Sebab, pandemi COVID-19 masih melanda.

"Jadi kami lebih memfokuskan pada kendaraan yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan konsumen," ucapnya.

Dia juga meyakini, pasar low SUV semakin berjaya di Indonesia pada 2021 ini. Sedangkan low MPV bisa jadi turut berkurang peminatnya.

"Memang menurut study yang kami lakukan, market LSUV lebih dipilih dibanding LMPV," ujar Billy.



Simak Video " Lebih Intim Dengan Honda CBR600RR "
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)