Mobil Mewah Terlaris Dunia, Mercedes-Benz Taklukkan BMW

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 15 Jan 2021 09:32 WIB
Logo mobil asal Jerman Mercedez-Benz (mercy).
Mercedes-Benz menjadi merek mobil mewah terlaris dunia mengalahkan BMW. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Tiga merek mobil mewah asal Jerman, yakni Mercedes-Benz, BMW, dan Audi, berlomba-lomba untuk menjadi merek otomotif mewah terlaris di dunia. Tahun 2020, ketika pandemi COVID-19 melanda dunia, Mercedes-Benz berhasil merebut takhta mobil mewah terlaris di dunia.

Tahun 2020 memang membuat penjualan mobil global anjlok. Itu juga termasuk penjualan mobil mewah asal Jerman. Baik Mercy, BMW, maupun Audi mengalami penurunan penjualan global.

Meski begitu, penurunan penjualannya tidak begitu drastis. Pasar China yang cepat pulih membantu meningkatkan volume penjualan mobil. Ketiga merek mobil mewah asal Jerman ini meraih berkah pulihnya pasar otomotif China sehingga penurunan penjualannya tidak terlalu drastis.

Untuk urusan mobil mewah terlaris sepanjang 2020, Mercedes-Benz menjadi rajanya. Dikutip dari siaran persnya, Mercedes-Benz melaporkan penjualan mobil sebanyak 2.164.187 unit sepanjang 2020. Angka itu turun 7,%% dibanding tahun sebelumnya. Namun, penjualan Mercy masih lebih banyak daripada BMW.

Penjualan mobil Mercedes-Benz melampaui BMW di sebagian besar pasar globall, termasuk China, tapi tidak termasuk Amerika Serikat.

Di bawah Mercedes-Benz adalah BMW. Pabrikan yang bermarkas di Munich tersebut melaporkan penjualan merek BMW saja mencapai Untuk merek BMW saja, penjualan tahun lalu mencapai 2.028.659 kendaraan. Penjualan mobil merek BMW turun 7,2% dari tahun sebelumnya.

Di posisi ketiga adalah Audi. Merek mobil mewah di bawah grup Volkswagen itu melaporkan penjualan global sebanyak 1.692.773 unit. Penjualan mobil Audi turun 8,3% dibanding tahun sebelumnya.

Sementara itu, dikutip dari laman Best Selling Cars, pasar mobil baru di China menyusut sekitar sepersepuluh pada tahun 2020. Namun, merek mobil mewah asal Jerman ini berkinerja baik dan mendapatkan pangsa pasar serta volume yang meningkat.

Mercy, BMW Group, hingga Audi memecahkan rekor penjualan mobil di China. Bahkan, Mercy menjadi merek mobil mewah paling laris di China.



Simak Video "Polisi Kini Dilarang Mengawal Konvoi Mobil Mewah-Moge"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)