Senin, 19 Agu 2019 12:33 WIB

Benar Nih Kendaraan Listrik Bisa Kurangi Polusi Udara?

Dina Rayanti - detikOto
Kendaraan listrik. Foto: Rifkianto Nugroho Kendaraan listrik. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Kendaraan berbasis listrik disebut-sebut bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi polusi udara. Namun sejak kemunculannya perdana pada tahun 2000 hingga saat ini, kendaraan listrik berbasis baterai masih menuai polemik.

Berbeda dengan kendaraan berbahan bakar konvensional pada umumnya, mobil listrik berbasis baterai memang tak mengeluarkan asap. Hal itulah yang membuat kendaraan listrik berbasis baterai disebut sangat bersih dan tidak berkontribusi menambah polusi udara di dunia.


Polusi yang berkaitan dengan kendaraan listrik justru disebut muncul dari pabrik yang mengolah baterai. Melansir Forbes, Senin (19/8/2019), ada penggunaan komponen tertentu dalam menyusun baterai kendaraan listrik. Belum lagi proses ekstrasi baterai listrik yang disebut Forbes dapat berkontribusi terhadap emisi karbon.

Dalam sebuah laporan International Council on Clean Transportation (ICCT) disebutkan pabrik baterai listrik justru memberikan kontribusi emisi lebih tinggi dibandingkan kendaraan berbahan bakar konvensional.

Hasil dari studi tersebut juga didukung oleh penelitian di China. Sebuah penelitian di China mengindikasikan bahwa pabrik baterai justru dapat menyumbang emisi besar dalam proses produksinya jika tak menggunakan teknik yang benar. Bahkan pabrik baterai kendaraan listrik di China menghasilkan emisi karbon hingga 60 persen lebih banyak daripada produksi mesin mobil berbahan bakar konvensional.

Namun emisi karbon pada pabrik baterai listrik itu bisa berkurang jika mereka mengadopsi teknik seperti di Amerika ataupun Eropa.


Secara singkat dapat disimpulkan bahwa baik itu kendaraan listrik berbasis baterai maupun mobil berbahan bakar konvensional masih sama-sama menghasilkan emisi karbon. Namun dengan kendaraan bertenaga listrik, polusi di jalanan bisa sedikit berkurang karena tak ada asap bebas berkeluaran dari mobil.

Seiring dengan perkembangan teknologi, tentu para pabrik penghasil baterai kendaraan listrik bisa akan menemukan teknologi yang pas sehingga proses produksi baterai bisa menekan emisi. Dengan begitu, kendaraan listrik berbasis baterai bisa benar-benar berkontribusi sepenuhnya dalam mengurangi polusi udara.

Simak Video "Data AirVisual Minggu Pagi, Udara Jakarta Tidak Sehat"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com