Rabu, 14 Agu 2019 09:25 WIB

Duit Rp 600 Miliar Mengucur Demi Bangun Pabrik Esemka di Boyolali

M Luthfi Andika - detikOto
Pabrik Esemka di Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto Pabrik Esemka di Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto
Jakarta - Esemka akhirnya menyatakan keseriusan untuk bisa bersaing di Industri otomotif Indonesia. Esemka tak hanya mau jualan di Indonesia. Seperti halnya pabrikan otomotif lain yang lebih dulu berkecimpung di Indonesia, Esemka membangun pabriknya di Indonesia.

Saat ini Esemka hanya memiliki satu pabrik yakni di kawasan Desa Demangan, Boyolali. Esemka menepis kabar memiliki pabrik di luar Boyolali, Jawa Tengah. Karena satu-satunya pabrik Esemka hanya berdiri di sana. PT Solo Manufaktur Kreasi pun rela menggelontorkan hingga ratusan miliiar rupiah demi membangun pabrik Esemka di Indonesia itu.


"Total investasi mencapai Rp 600 miliar," kata Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) Eddy Wirajaya.

Pabrik Esemka di Boyolali.Pabrik Esemka di Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto


Di kesempatan yang sama, Direktur PT SMK, Joko Sutrisno, menjelaskan pabrik Esemka di Boyolali memiliki luas hingga 11, 5 hektar.

"Luas pabrik 11, 5 hektar, yang sudah terbangun test road, lintasan, stok yard, dan luas bangunan 26.000 meter. Untuk mesin bensin dan diesel, masing-masing dengan testnya, selain itu kami memiliki fasilitas monocoq dengan testnya, perakitan sasis dan kabin," ujarnya.


"Selain itu kami juga memiliki test/uji secara stastik. Uji brake, suspensi, struktur bodi, headlamp. Kemudian kita memiliki test drive, jalan berlubang, turun naik, semuanya. Dan kita sudah dinyatakan layak menjadi pabrik mobil, menurut kemenperin No 34 2017," tambahnya.

Simak Video " Ini Bima, Mobil Esemka yang Komponennya Dibuat Anak Bangsa"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed