Selasa, 25 Jun 2019 18:17 WIB

Jawa Barat punya 'Mobil Transformers' Multifungsi

Ridwan Arifin - detikOto
Mobil Maskara Foto: Mukhlis Dinillah Mobil Maskara Foto: Mukhlis Dinillah
Bandung - Sejumlah program dengan terobosan baru yang berkutat dengan kendaraan roda empat kembali dikeluarkan pemerintah Provinsi Jawa Barat. Setelah sebelumnya MPus, kini tampil mobil multifungsional yang dapat berubah bentuk seperti Transformers.

Hal ini dibagikan melalui jejaring sosial instragram Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pada Selasa, (25/06/2019). Mobil multifungsional ini dipanggil Maskara (mobil aspirasi kampung juara).

Menurut kang Emil sapaan akrabnya, mobil tersebut dapat dimanfaatkan untuk beragam sarana. Mulai dari hiburan hingga yang sifatnya darurat.

"Selamat untuk desa-desa Jabar yang mendapatkan hibah mobil ala transformer Maskara (Mobil Aspirasi Kampung Juara). Mobil siaga serba guna ini bisa dipinjam warga desa untuk: 1) angkut penumpang, 2) angkut pertanian, 3) panggung hiburan/kawinan, 4) layar tancap nonton bareng dan 5) angkutan untuk sakit/melahirkan...," tulis @ridwankamil seperti yang dilihat detikcom.

[Gambas:Instagram]



Seperti yang diberitakan detikcom sebelumnya, mobil siaga multifungsi itu akan diberikan kepada 120 desa tahun ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jabar Dedi Supandi nantinya peluncuran secara simbolis diberikan kepada desa terbaik tahun 2018. Desa tersebut akan menjadi desa percontohan.



"Tahun ini rencananya 120 unit dulu. Tapi akan diberikan pilot project dulu untuk desa juara tahun 2018," kata Dedi dalam Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (13/5/2019).

Menurutnya peluncuran mobil 'Maskara' ini bagian dari upaya mewujudkan Desa Juara. Salah satunya melalui program gerakan membangun desa. "Mobil 'Maskara' ini turunan dari pilar ketiga gerakan membangun desa yang digagas oleh kami," ujar Dedi. (riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed