ADVERTISEMENT
Rabu, 12 Jun 2019 16:57 WIB

Mobil Pemotong Rumput Ini Lebih Ngacir Dibandingkan Mobil Keluarga

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Pool (carscoops) Foto: Pool (carscoops)
Jakarta - Honda Mean Mower telah mencatatkan dirinya sebagai mesin pemotong rumput tercepat di dunia saat ini. Pemotong rumput ini mampu menembus kecepatan 242kpj dalam Guiness World Record di kelasnya.

Pemecahan rekor ini diselenggarakan bulan lalu di Jerman yang mana Mean Mower mampu mencapai kecepatan 0-161kpj dalam waktu 6,29 detik. Mobil pemotong rumput ini berhasil meraih capaian tersebut tak lepas juga dari jokinya yang juga pembalap gokart dan freestyle, Jess Hawkins.



Meskipun sudah dimodifikasi, pada dasarnya mesin pemotong rumput ini memang dibuat dengan performa yang tinggi. Pada tahun 2014 lalu dengan versi standarnya mobil pemotong rumput ini saja sudah mampu mencapai kecepatan 188kpj.

Honda Mean MowerHonda Mean Mower Foto: Pool (carscoops)


"Mean Mower orisinal sudah menggendong mesin yang luar biasa. Tapi kali ini kita membawanya ke level yang lebih tinggi. Usai menggapai rekor kecepatan pada 2014 kami ingin melakukan sesuatu yang berbeda untuk rekor kecepatan baru," ujar Managing Director Honda Inggris, Dave Hodgetts.



Hodgetts juga memuji tim mekanis serta joki dari mesin pemotong rumput yang ambil andil dalam terciptanya rekor bersejarah ini. "Team Dynanmic telah melampaui batas tertinggi dalam mengembangkan dan membangun mesin ini dan angkat topi untuk Jess yang cukup berani melaju di balik kemudinya," lanjut Hodgetts.

Mobil pemotong rumput ini mengandalkan mesin V2 999cc 4 silinder yang sama dengan motor sport CBR1000RR Fireblade SP. Mesin ini menghasilkan 200hp pada putaran 13.000 rpm. Mesin buas ini dikombinasikan dengan berat 69,1 kg saja yang mana memberikan rasio perbandingan berat dan tenaganya lebih baik daripada Bugatti Chiron.



Hebatnya lagi mobil pemotong rumput ini masih dapat menjalankan tugasnya memotong rumput yang tinggi. Untuk memutar pisau berbabahan karbonnya menggunakan sokongan baterai. Berapa lama ya waktu yang diperlukan untuk memotong rumput seluruh dunia? (rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com