Sabtu, 08 Jun 2019 19:07 WIB

Duh, Pakai Strobo, Mobil-mobil Seenaknya Ngebut di Jalur Contra Flow

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Instagram/PB IPOMI Foto: Instagram/PB IPOMI
Jakarta - Jalur mudik sama halnya dengan jalur yang dilewati setiap hari ada jalan yang digunakan untuk bersama. Oleh karena itu saling menghargai dan mematuhi peraturan menjadi fundamental demi terciptanya keamanan dan keselamatan saat mudik.

Namun sejumlah pemudik justru tidak menghiraukan hal ini dan membahayakan pengendara lain seperti video yang diunggah oleh akun instagram pb_ipomi. Dalam video tersebut disebutkan soal adanya mobil melaju di jalur yang dipersiapkan untuk contra flow di masa mudik.

Video tersebut direkam oleh Nanang dari PO Scorpion Holidays 728 pada Jumat (7/6/2019) pukul 18.11 di Tol Jakarta-Cikampek. Ada dua mobil yang tertangkap kamera dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Pertama sebuah SUV hitam yang memakai lampu strobo berwarna biru selanjutnya sebuah sedan berwarna putih.





"Perilaku pengemudi seperti yang banyak terlihat di Jakarta ternyata muncul juga di Tol Jakarta-Cikampek. Bermodalkan lampu biru kelap-kelip, beberapa kendaraan menerobos pembatas jalur yang dipersiapkan untuk contraflow. Jumat (7/6/19) pukul 18.11 seperti inilah perilaku segelintir pengendara yang tertangkap kamera Tim #MudikGesitIPOMI dari PO. Scorpion Holidays 728, Nanang," tulis teks keterangan video yang diunggah itu.

Tak hanya melaju cepat mobil yang membahayakan keselamatan orang tersebut mengenakan lampu kelap-kelip berwarna biru yang diduga sebagai alibi untuk memacu kendaraannya dalam kecepatan tinggi di jalur itu. Tidak ada keterangan atau informasi lebih lanjut apakah mobil yang terekam video saat gelap tersebut merupakan kendaraan dinas. Dalam video juga tak terlihat mobil itu beriringan dengan kendaraan lain dari pihak kepolisian untuk mendapatkan akses jalan itu. Wah bagaimana kalau ada kecelakaan ya?

"Entah kendaraan pribadi, entah kendaraan dinas, entah kendaraan apa. Yang jelas terlihat tak ubahnya seperti kendaraan pribadi yang tidak taat rambu dan petunjuk yang sudah dipersiapkan petugas di lapangan," lanjut keterangan video tersebut.




Untuk pengguna jalan lain yang sedang melakukan perjalan di arus mudik pun akun instagram Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) juga mengingatkan pengendara tetap berhati-hati di jalur contra flow. Pelanggaran ini diharapkan menjadi peringatan untuk waspada jika menghadapi pengemudi seperti ini saat mudik.

"Untuk pemudik di lajur persiapan contraflow tetap waspada, mohon bersabar dalam antrean demi keselamatan-kelancaran perjalanan anda, jaga jarak aman pengereman kendaraan dan selalu perhatikan situasi di sekitar kendaraan kita saat bermanuver," tutupnya.

[Gambas:Instagram]


Simak Juga 'Canggih! Moge Ini Bisa Ngebut Sendiri di Jalanan':

[Gambas:Video 20detik]

(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed