Kamis, 23 Mei 2019 19:47 WIB

Hore! Toyota Bakal Produksi Ulang Suku Cadang Supra Jadul

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Pool (Autoevolution) Foto: Pool (Autoevolution)
Jakarta - Toyota mengumumkan akan memperbanyak suku cadang mobil berperfoma miliknya, Supra generasi tiga dan empat, yang mulai diproduksi di bawah tahun 2000. Terakhir Supra sudah memasuki generasi ke-lima yang diketahui berbagi platform dengan BMW Z4.

President Gazoo Racing Shigeki Tomoyama mengatakan bahwa langkah ini merupakan cara untuk merayakan Supra generasi terbaru. Kendati demikian belum diungkapkan bagian suku cadang mana yang akan dimasukkan kembali ke produksi.



"Kami tidak dapat menjawab tentang suku cadang spesifik saat ini, tetapi kami akan melakukan segala upaya untuk memenuhi harapan pemilik," ujar Tomoyama.

Untuk diketahui, Supra generasi ketiga (MA70) pertama kali diperkenalkan pada tahun 1986 di pabrik Tahara, Aichi, Jepang. Mesin yang digunakan adalah 2000 cc 1G-GEU & 1G-GTE turbo, 2500 cc 1JZ-GTE, dan 3000 cc 7M-GE normally aspirated dan 7M-GTE turbo.

Hanya mesin 3000 cc yang dipasang pada Supra untuk pasar export. Transmisi yang tersedia adalah 5 speed manual dan 4 speed automatic. Supra 70 series ini merupakan mobil sport yang memiliki teknologi canggih dijamannya seperti rem ABS dan TEMS (Toyota Electronic Modulated Suspension) yaitu suspensi yang dapat diatur kekerasannya.



Sedangkan Supra generasi keempat, berkode JZA80 ini jauh lebih hebat dari model sebelumnya. Mesin yang digunakan adalah 2JZ-GE atau 2JZ-GTE turbo berkapasitas 3000 cc. Model yang paling kencang adalah turbo dengan transmisi manual 6 speed, dan mampu dipacu hingga lebih dari 270 km/jam.

Pada tahun 1997 diluncurkan Supra 15th Anniversary Edition dalam jumlah yang terbatas. Model tahun 1998 merupakan Supra terakhir di Amerika Serikat, dan produksi Supra di Jepang dihentikan pada tahun 2002.



Program ini disebut 'Gazoo Racing Heritage Parts Project', mirip dengan program yang diluncurkan tahun lalu oleh Nissan, karena membludaknya permintaan dari pelanggan, Nissan memulai kembali produksi pada banyak suku cadang untuk Skyline GT-Rs generasi R33 dan R34 pada tahun 2018, dan membangun suku cadang baru untuk GT-R generasi R32.

Pabrikan lain yang juga melakukan hal yang sama adalah Mazda, ia sudah membuat suku cadang baru untuk Miata generasi pertama dan Honda juga telah lama menawarkan suku cadang untuk mobil Sport NSX. (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed