Kamis, 23 Mei 2019 04:38 WIB

Biaya Perbaikan Mobil Hangus di Petamburan Setara 1 Mobil

Ridwan Arifin - detikOto
Mobil terbakar di Petamburan Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan Mobil terbakar di Petamburan Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Jakarta - 9 unit mobil dibakar orang tak dikenal terjadi di Petamburan, Jakarta Pusat. Mobil hangus dan hanya menyisakan rangka dan body mobil saja.

Perbaikan mobil hangus seperti di Petamburan ini sebenarnya bisa saja dilakukan pemilik mobil. Namun mayoritas bengkel resmi tidak menyarankannya.

Service Head Auto2000 Krida Cilandak, Jakarta Selatan Rudi Ganefia perbaikan mobil hangus total terbakar seperti di Petamburan sebenenarnya dapat dilakukan namun mendapatkan suku cadang seperti body menghabiskan lebih banyak waktu dan biaya.



"Bengkel menerima tapi ganti semua, seperti ganti body dan interior, memang belum pernah kejadian (hangus terbakar total dan diperbaiki kembali)," ujar Rudi kepada detikcom, Rabu (22/05/2019).

Sejumlah mobil terbakar akibat demo rusuh di Komplek Asrama Brimob, Petamburan, Jakarta, Rabu (22/5/2019).Sejumlah mobil terbakar akibat demo rusuh di Komplek Asrama Brimob, Petamburan, Jakarta, Rabu (22/5/2019). Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan


"Ibaratnya kita ganti semua, kalau mesin kan ibaratnya bisa dibongkar kalau yang rusak diganti, tetapi kalau untuk body harus ganti baru semua," ungka Rudi.

"Biaya itu yang kebakar kalau total semua hampir-hampir seperti beli mobil baru," ujar Rudi.



Terlihat dalam foto, mobil hanya menyisakan kerangka dan body mobil yang hangus terbakar. Sendada dengan Rudi, Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi mengungkapkan bila melihat dari foto yang terlihat sebenarnya body mobil dapat diperbaiki kembali namun dengan catatan.

"Secara teknis masih memungkinkan untuk dicat kembali seperti semula hanya usianya cat akan lebih pendek dibanding dengan besi/rangka yang belum pernah terbakar," ujar Supriyadi kepada detikcom, Rabu (22/05/2019).

Pun demikian dengan mesin, perlu melihat kondisinya terlebih dahulu. "Engine pun sebenarnya bisa diperbaiki, dilihat dulu dari kondisi dan bagiannya. Kalau ada part yang masih bisa digunakan tidak perlu diganti, Misalnya crankshaft itu tidak mungkin terbakar hangus kan," ungkap Supriyadi.



"Sebenarnya bisa, kalau ada yang request, tetapi kami tidak merekomendasikan karena tidak efisien, baik dari konsumen ataupun dari pihak kami, asuransi saja bila terbakar di atas 75 persen masuknya sudah TLO kan?," jelas Supriyadi.




Tonton juga video Bangkai Mobil Saksi Bisu Kerusuhan di Petamburan:

[Gambas:Video 20detik]

(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya