Minggu, 19 Mei 2019 16:39 WIB

Merek Amerika Mulai Tiru Cara Mobil Jepang Berjualan di RI

Ridwan Arifin - detikOto
Mobil Amerika Jeep. Foto: Rizki Pratama Mobil Amerika Jeep. Foto: Rizki Pratama
Jakarta - Langkah Jeep di bawah komando baru lewat Hascar Group lebih berhati-hati. Sebab produsen Amerika yang sudah lalu, mundur lebih dulu karena kalah bersaing dengan pabrikan Jepang.

Chief Executive Officer, Hascar Group Ari Utama mengatakan bakal menata ulang strategi supaya merek Jeep bisa eksis lebih lama di industri otomotif Indonesia.


"Saya perhatikan, pertama kita harus tahu selera orang Indonesia. Selera desain ya. Tidak bisa sembarangan, harga bisa ikuti kemudian, meski nanti ada positioning price kan, tapi selera dan desain itu penting," ujar Ari kepada detikcom di Bintaro, Tangerang Selatan, Sabtu (19/05/2019).

"Mereka (pabrikan Jepang) melakukan riset itu dalam sekali (untuk pasar Indonesia), apalagi mereka punya pabrik di sini. Kita yang tidak punya pabrik harus lebih selektif dalam memilih produk, tidak bisa kita produknya Amerika banget, Eropa banget, tidak diterima sama sini," jelas Ari.

Lebih lanjut, Ari mengatakan komitmen adalah hal yang terpenting. dijawab penambahan jaringan di beberapa lokasi di Indonesia, hal ini yang menurutnya juga belum terlihat bagi pabrikan Amerika.


"Kalau itu saya lihat komitmen sendiri dari APM-nya, dan prinsipal terhadap negara ini. Kayak Jepang itu mereka komitmen sekali, makanya kami (Hascar Group) akan mencoba komitmen mereka, supaya tetap eksis seperti mereka," jelas Ari.

"Ini yang saya pelajari, mereknya bagus, desainnya oke, tapi komitmen nggak keliatan. Ini yang membuat orang tidak yakin," pungkasnya. (riar/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed